Beranda » INFO UTAMA » Disdik Depok Canangkan Sekolah Aman Bencana

Disdik Depok Canangkan Sekolah Aman Bencana

by Redaksi
0 comment 149 Pembaca

Kabid Sarpras Disdik Depok, Sutarno, SE, MM

Swara Pendidikan.co.id (Depok) – Guna mengurangi resiko bencana di lingkungan sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mencanangkan pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SAPB).

“Mengingat beberapa sekolah di Depok masih sering terdampak bencana, khususnya bencana banjir/rob, pohon tumbang, maupun bencana non alam lainnya. Maka keberadaan SPAB ini penting sebagai upaya untuk memberikan pelindungan dan keselamatan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari risiko bencana serta untuk menjamin keberlangsungan layanan pendidikan pada satuan pendidikan yang terdampak bencana,” terang Kepala bidang (Kabid) Sarana prasarana Disdik Depok, Sutarno, SE, MM di Kantor Disdik Gedung Baleka 2, lantai 4. Rabu (17/11/21).

“Pembentukan Satuan Pendidikan Aman Bencana juga merupakan amanat Permendikbud  nomor 33 tahun 2019,” ujar Sutarno menambahkan.

Sutarno mengatakan, masih terus menggodok draft SAPB. Rencananya Desember ini selesai. Setelah itu baru dilakukan sosialisasikan ke seluruh satuan pendidikan.

Nantinya, sebut Sutarno, setiap sekolah dibentuk tim penanggulangan bencana yang berjumlah minimal lima orang dan diketuai oleh kepala sekolah.

tim ini yang nantinya memantau jika terjadi bencana di sekolah dan harus lapor ke mana. Jadi gampang berkoordinasi dengan tingkat kota, seperti sekolah tertimpa angin puting beliung, sekolah tertimpa pohon tumbang, dan sebagainya.

Tim inilah yang nantinya bisa mengantisipasi apa yang harus diperbuat sebelum terjadi bencana, ketika bencana terjadi, dan tindakan-tindakan yang harus dilakukan setelah bencana.

Dengan adanya SAPB ini, kata Sutarno, sekolah bisa tertangani dari bencana serta bersih dan aman. “Bersih dari lingkungan, aman dari bahaya,” pungkasnya.  (agus)

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait