ADVERTISEMENT
  • BERITA UTAMA
    • NASIONAL
    • Klik Pendidikan
    • Info Pendidikan
    • Info Guru
  • KABAR SEKOLAH
    • SMA
    • SMK
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • MI/DINIYAH
    • PAUD/TK
  • PROFIL SEKOLAH
    • SMK
    • SMA
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • TK/PAUD
    • MI/DINIYAH
  • MENULIS
    • Artikel Guru
    • Artikel Dosen/Mahasiswa
    • Opini
  • TIPS N TRIK
  • RUANG SASTRA
    • Cerpen
    • Puisi
  • ULASAN BUKU
    • BAHAN AJAR
    • BUKU UMUM
  • INSPIRASI PENDIDIKAN
  • JEJAK PRESTASI
Swara Pendidikan
  • Login
Saturday, October 25, 2025
No Result
View All Result
No Result
View All Result
Swara Pendidikan
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT

Konsep Pengembangan Masyarakat Nelayan

by SWARA PENDIDIKAN
4 August 2021
in Opini
0
Konsep Pengembangan Masyarakat Nelayan

Dadan Zulkifli, MM (Dosen Sekolah Tinggi Perikanan)

          
Dadan Zulkifli, MM (Dosen Sekolah Tinggi Perikanan)
Dadan Zulkifli, MM (Dosen Sekolah Tinggi Perikanan)

A. Konsep Dasar Pemberdayaan Masyarakat Nelayan

Ada dua premis mayor yang kita bisa dijadikan dasar sebagai konsep pemberdayaan masyarakat yaitu kegagalan dan harapan (Friedman: 1992). Kegagalan dapat dimengerti sebagai gagalnya model-model pembangunan ekonomi dalam mengatasi problema kemiskinan dan lingkungan yang berkelanjutan. Adapun harapan muncul karena tersedianya banyak alternatif seperti munculnya suasana demokratisasi, persamaan hak perempuan dan pria, kesempatan yang sama untuk setiap generasi dan pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan. Kegagalan dan harapan merupakan cerminan dari nilai-nilai normatif dan moral. Keduannya akan sangat terasa pada tingkat individu dan kolektif. Sehingga pemberdayaan masyarakat secara esensi adalah nilai kolektif pemberdayaan individual. (Friedman: 1992)

Masyarakat nelayan adalah orang yang secara aktif melakukan pekerjaan dalam operasi penangkapan ikan/ binatang air/ tanaman. Jadi nelayan dapat dimengerti sebagai kelompok kerja yang tempat kerjanya dia air (Supriadi:2016). Sedangkan UU No.45 Tahun 2009 menjelaskan bahwa definisi nelayan orang yang mata pencahariaannya melakukan penangkapan ikan. Mulyadi (2005) membedakan kelompok nelayan menjadi tiga kelompok, yaitu nelayan buruh, nelayan  juragan dan nelayan perorangan.

B. Memberdayakan Masyarakat Nelayan

BACA JUGA

Santri, Pesantren, dan Kebangkitan Moral Bangsa

Ketika Tamparan Jadi Cermin: Dr. Bambang Sutopo Ajak Dunia Pendidikan Lakukan Refleksi Moral

Analisis Kebijakan Pendidikan Nasional, Fragmentasi dan Tantangan Integrasi Lembaga Pendidikan

Pramuka di Era Digital: Masihkah Relevan Bagi Generasi Milenial dan Gen Z?

Saat ini banyak program pemberdayaan yang mengklaim sebagai program yang berdasar kepada keinginan dan kebutuhan masyarakat (bottom up), tapi ironisnya masyarakat tetap saja tidak merasa memiliki program-program yang dilaksanakan sehingga tidak aneh banyak program hanya seumur masa proyek dan berakhir tanpa dampak berarti bagi kehidupan masyarakat nelayan. Memberdayakan masyarakat nelayan berarti menciptakan peluang bagi masyarakat pesisir untuk menentukan kebutuhannya, merencanakan dan melaksanakan kegiatannya, yang akhirnya menciptakan kemandirian permanen dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.

Memberdayakan masyarakat nelayan tidaklah seperti memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat lainnya, karena disana terdapat banyak kelompok kehidupan masayarakat diantaranya:

  1. Masyarakat nelayan tangkap.
  2. Masyarakat nelayan pengumpul/bakul.
  3. Masayarakat nelayan buruh.
  4. Masyarakat nelayan tambak, masyarakat nelayan pengolah, dan kelompok masyarakat nelayan buruh.

Setiap kelompok masyarakat tersebut haruslah mendapat penanganan dan perlakuan khusus sesuai dengan kelompok, usaha, dan aktivitas ekonomi mereka.  Pemberdayaan masyarakat tangkap misalnya, mereka membutukan sarana penangkapan dan kepastian wilayah tangkap. Berbeda dengan kelompok masyarakat tambak, yang mereka butuhkan adalah modal kerja dan modal investasi, begitu juga untuk kelompok masyarakat pengolah dan buruh.  Kebutuhan setiap kelompok yang berbeda tersebut, menunjukkan keanekaragamanpola pemberdayaan yang akan diterapkan untuk setiap kelompok tersebut.

C. Konsep Alternatif Pembangunan Masyarakat Nelayan

Pembangunan masyarakat nelayan perlu dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi yang harus memperhatikan aspek spasial, yaitu pembangunan berwawasan lingkungan, pembangunan berbasis komunitas, pembangunan berpusat pada rakyat, pembangunan berkelanjutan dan pembangunan berbasis kelembagaan. Untuk mewujudkan pembangunan yang holistik tersebut diperlukan alternatif srategi, yaitu strategi yang berorientasi pada sumber daya atau Resource Base Strategy (RBS), yang meliputi ketersedian sumber daya, faktor keberhasilan serta proses belajar.

Pendekatan dalam RBS adalah strategi pengelolaan sumber daya lokal/pesisir dan kelautan yang berorientasi pada: kualitas, proses, kinerja, pengembangan, budaya, lingkungan (management by process) yang berdasarkan pada pembelajaran, kompetensi, keunggulan, berpikir sistematik, dan pengetahuan (knowledge based management).

Dengan demikian program pemberdayaan untuk masyarakat nelayan haruslah dirancang dengan tidak menyamaratakan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya apalagi antara satu daerah dengan daerah lainnya.  Pemberdayaan masyarakat nelayan haruslah bersifat bottom up dan open menu, namun yang terpenting adalah pemberdayaan itu sendiri yang harus langsung menyentuh kelompok masyarakat sasaran. ***

 Penulis : Dadan Zulkifli, MM (Dosen Sekolah Tinggi Perikanan)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Jumlah Pembaca: 2,418

BeritaTerkait

Santri, Pesantren, dan Kebangkitan Moral Bangsa
Opini

Santri, Pesantren, dan Kebangkitan Moral Bangsa

by SWARA PENDIDIKAN
22 October 2025
0
0

Oleh: H. Bambang Sutopo, SEI., MM — Anggota DPRD Kota...

Read more
Ketika Tamparan Jadi Cermin: Dr. Bambang Sutopo Ajak Dunia Pendidikan Lakukan Refleksi Moral

Ketika Tamparan Jadi Cermin: Dr. Bambang Sutopo Ajak Dunia Pendidikan Lakukan Refleksi Moral

16 October 2025
0
Analisis Kebijakan Pendidikan Nasional, Fragmentasi dan Tantangan Integrasi Lembaga Pendidikan

Analisis Kebijakan Pendidikan Nasional, Fragmentasi dan Tantangan Integrasi Lembaga Pendidikan

10 October 2025
0

Pramuka di Era Digital: Masihkah Relevan Bagi Generasi Milenial dan Gen Z?

9 October 2025
0

Novan: Musik Jadi Sarana Belajar dan Menyalurkan Pengetahuan

7 October 2025
0

Cuma Gus Dur, Presiden yang Berani Pecat Menteri karena Dugaan Korupsi

4 September 2025
0
Next Post
Pemkab Kotabaru Siaga Antisipasi Hadapi Musim Kemarau Tahun Ini

Pemkab Kotabaru Siaga Antisipasi Hadapi Musim Kemarau Tahun Ini

ADVERTISEMENT
Swara Pendidikan

2025 © swarapendidikan.co.id

TENTANG KAMI

  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
    • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

2025 © swarapendidikan.co.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In