Tingkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Program Pembelajaran Moving Class

by Redaksi
1 Komentar 591 Pembaca

Siswa kelas 1A SDN Pocin 1 mengikuti pembelajaran tema 4 “Rekreasi bersama keluarga dan menggambar pemandangan” diluar kelas

SWARA PENDIDIKAN (PONDOKCINA, BEJI, DEPOK) – Memilih teknik pembelajaran yang tidak membosankan adalah tantangan guru. Tujuannya selain membuat siswa tidak jenuh juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Seperti yang dilakukan oleh Hj.Yulianti,M.Pd, Wali Kelas 1A SDN Pondokcina 1 melalui program pembelajaran moving class, pada Kamis (01/12/22) dihalaman SDN Pondokcina 5.

Menurut keterangan Hj .Yulianti,M.Pd, Wali kelas 1A SDN Pondokcina 1, siswa didiknya mulai terbiasa ditempat baru (SDN Pondokcina 5), dan pembelajaran di luar kelas ini dipilih sebagai teknik pembelajaran yang cocok bagi siswa SD terutama kelas rendah.

“Pembelajaran di luar kelas merupakan metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar ruangan (kelas) atau di luar sekolah seperti, taman, perkampungan, atau lingkungan sekitar dengan tujuan melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat,” terang Hj. Yulianti.

Outing kelas SDN Pocin 1

“Kebetulan pagi ini tema pembelajaran adalah tema 4 “Rekreasi bersama keluarga dan menggambar pemandangan”. Setelah melakukan pembelajaran di dalam kelas, pukul 09.00 wib, anak-anak kita bawa ke suasana baru, suasana pembelajaran yang santai, lebih fresh tetapi tetap mendidik. Anak-anak kita ajak mengimplementasikan tema tersebut dengan pembelajaran diluar kelas. Belajar sambil bermain dihalaman sekolah dan kita ajak mereka berimajinasi seolah-olah tengah berlibur ke pantai dengan membawa bekal makanan masing-masing yang sudah mereka persiapkan dari rumah, dan juga alat tulis.” papar Hj.Yulianti.

Selama proses pembelajaran moving class ini, dari pengamatan awak SP, anak-anak terlihat senang, gembira dan antusias. Sambil menggambar pemandangan pantai, ada juga yang menggambar dengan melihat buku bacaan yang mereka bawa.

“Ayo anak-anak, sebelum kita melaksanakan ujian semester besok kita liburan dulu ya di pantai. Bayangkan ya, sekarang kita berada di tepi pantai ya, anak-anak,” ujar guru kelas 1A.

“Senang ga’ sekolah hari ini,” tanyanya lagi.

“Senang,” jawab anak-anak, kompak.

“Mana makanan yang dibawa hari ini yang dibawa ke pantai. Coba, buka-buka,” tanya ibu gurunya. Dan anak-anak dengan antusias membuka makanan yang dibawa dari rumah masing-masing.

Sementara itu, Plt Kepala SDN Pondokcina 1, Sri Widayati mengatakan, pembelajaran di luar kelas akan terasa mengasyikkan, baik bagi siswa maupun guru.

“Selain dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, pembelajaran di luar kelas juga dapat melatih perkembangan motorik siswa dan semangat belajar meningkat. Disamping juga mudah menjalin keakraban dengan siswa,” tuturnya. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

Anonymous 03/12/2022 - 12:20 am

alhamdulillah…. ini fakta pemberitaan yg sebenarnya, dan ternyata video dan narasi yang beredar di medsos kalo murid2 sdn pocin 1 yang belajar di sdn pocin 5 katanya dibiarkan belajar dihalaman sekolah sambil dijemur ternyata hoax.

Reply