Penyembelihan Hewan Qurban, Ketua Yayasan Nurul Falah Kedaung Jelaskan Hikmah Berqurban

by Redaksi
0 Komentar 69 Pembaca

Ketua Yayasan dan pimpinan pondok Pesantren Nurul Falah, Ustad Haidar Maula Mujadid,SH bersama para santri dan pengurus.

Swara Pendidikan (Sawangan, Depok)- Yayasan Nurul Falah yang menaungi jenjang pendidikan TK, SMP, Pondok Pesantren dan SMK melaksanakan penyembelihan hewan qurban, 26 ekor kambing dan 1 ekor Sapi pada Senin, 17 Juni 2024 di 2 tempat, di pondok pesantren Nurul Falah dan di lingkungan sekitar yayasan.

Ketua Yayasan dan pimpinan pondok Pesantren Nurul Falah, Ustad Haidar Maula Mujadid, SH menjelaskan hikmah Berqurban, mengutip Hadist dari Aisyah R.A, Rasulullah SAW bersabda; tidak ada satu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan qurban.

“Itu hikmah berqurban yang pertama, menjadi amal ibadah yang paling dicintai Allah SWT,” kata Haidar.

Kedua, agar tidak terlalu mencintai dunia, karena perintah berkurban juga mengajarkan kita untuk tidak mencintai dunia secara berlebihan.

Dan hikmah Berqurban ketiga, lanjut Haidar, menjadikan seorang muslim lebih bertakwa. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Qs Al-Maidah ayat 27 “sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa”.

Lebih lanjut Haidar mengatakan setiap moment Idul Adha yayasan Nurul Falah  selalu melaksanakan penyembelihan hewan Qurban dari para donator, relasi, dan masyarakat untuk dipotong ditempat ini.

“Alhamdulillah setiap tahunnya kita selalu melaksanakan prosesi penyembelihan walaupun jumlah hewan qurban yang disembelih, baik itu sapi atau kambing setiap tahun jumlahnya tidak sama.

Menurutnya, berapa pun jumlah hewan qurban yang di amanahkan oleh orang-orang baik yang percaya dengan yayasan Nurul Falah harus di syukuri, hewan dirawat dan disembelih sesuai tuntunan syariah.

“kepada seluruh donatur, orang-orang baik ,  RT/RW warga sekitar, dan seluruh panitia yang sudah membantu pelaksanaan Idul Qurban, saya atas nama ketua yayasan dan pimpinan pondok pesantren Nurul Falah mengucapkan banyak terima kasih,” ucap Haidar. (Amer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar