Beranda » Jabodetabek » Depok » Layak Ditiru, MTs Al Husna Depok Pilih Ketua Osis Secara Online

Layak Ditiru, MTs Al Husna Depok Pilih Ketua Osis Secara Online

by Redaksi
0 comment 567 Pembaca

Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) secara online di MTs Al Husna Depok

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Organisasi  Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berorganisasi bagi siswa sekolah menengah dalam mengembangkan potensi dirinya.  Sebagai upaya dari pembelajaran berdemokrasi maka Pemilihan Ketua OSIS selalu semarak dan semangat walaupun ditengah pandemi yang diikuti seluruh siswa didik.

Serupa yang dirasakan pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Al Husna, Cimanggis Depok, dimana pada 08 Februari 2021, berlangsung Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) secara online oleh panitia yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Kelas (DPK).

Menurut Fauzan Riyadi, Wakil Ketua Kesiswaan dan Pembina OSIS, menyampaikan secara tertulis, langkah-langkah yang ditempuh oleh peserta didik untuk menggunakan hak pilih tidaklah rumit. Para siswa diberikan username dan kode akses. Setelah itu, mereka dapat memilih kandidat dengan mengakses google form yang sudah dibuat oleh panitia pemilihan. Demikian Fauzan menjelasnya.

Pilkaos dimulai pukul 07.47 WIB melalui pengisian Google form. Diawali video kampanye serta orasi dari masing-masing calon. Adapun para siswa nantinya akan memilih calon ketua dan wakil ketua OSIS periode kepengurusan 2021-2022.

“Ada dua pasangan calon, dengan nomor urut (01) Yashfi Arzaq Dimarya-Sandia-Titto Novriwan dan nomor urut (02) Thalhah Fikky Alwan-Ilham Surya Pratama” tutur Fauzan.

“Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS berjalan lancer. Tingkat partisipasi siswa didik juga cukup tinggi,” sambungnya.

Penandatangan berita acara hasil Pilkaos MTs Al Husna Depok dan ucapan selamat kepada Ketua OSIS terpilih.

Adapun hasil Pilkaos tahun ini, Kandidat nomor urut 01: Yashfi Arzaq Dimarya-Sandia Titto Novriwan meraih 53,8% suara, sedangkan pasangan nomor urut 2 memperoleh 46,2% suara.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilkaos kali ini sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan (prokes) antisipasi penyebaran COVID-19.

Terpisah, Kepala Madrasah Tsanawiyah Al Husna, Edi Suhaedi berharap, semoga momentum Pilkaos ini dapat dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi seluruh siswa MTs Al Husna Depok.

Selain sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pilkaos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS MTs Al Husna cimanggis Depok.

“Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan madrasah,” tutupnya. (Taufik Hidayat)

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait