Beranda » RUANG SISWA » Herry Pansila Ingin Siswa di Wilayah XIII Tingkatkan Literasi

Herry Pansila Ingin Siswa di Wilayah XIII Tingkatkan Literasi

by Redaksi
0 comment 144 Pembaca

Herry Pansila berdialog dengan beberapa siswa SMAN 1 Pamarican kelas XI.

Swara Pendidikan.co.id (Ciamis) – Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah XIII, Herry Pansila ingin agar seluruh siswa di wilayah KCD XIII terus meningkatkan kemampuan literasinya.

Hal itu disampaikan Herry Pansila saat berdialog dengan sejumlah siswa kelas XI usai melakukan monitoring pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) di SMAN 2 Banjarsari Ciamis, SMAN 1 Pamarican, SMAN 1 Banjar, SMAN 3 Banjar, SMAN 1 Cimaragas, dan SMAN 1 Cisaga.

Herry juga meminta agar sekolah memberikan akses buku-buku yang baik, berkualitas, serta terjangkau. Hal ini akan menjadi semangat dan motivasi untuk meningkatkan minat baca bagi siswa didik.

Dalam kunjungan di SMAN 1 Banjar, di dampingi Kepala SMAN 1 Banjar, Herry Pansila menyapa sekaligus berdialog dengan siswi SMAN 1 Banjar

Dikatakan Herry, rendahnya minat baca siswa didik di KCD XIII menjadi pekerjaan rumah bersama. Untuk itu katanya lagi, kita harus tingkatkan minat baca peserta didik dengan mempermudah akses fasilitas membaca, seperti perpustakaan dan ketersediaan buku-buku yang menarik dan edukatif.

Hal ini lanjutnya, terkait dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), dengan adanya perubahan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) menjadi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer).

Diantaranya adalah AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk mengukur literasi membaca. Yaitu kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Paparnya. (harlis)

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait