Hari Sopyan, Sosok Operator Sekolah Yang Tak Mengenal Libur

by Redaksi
0 Komentar 152 Pembaca

Swara pendidikan (Bojongsari, Depok) – Pasca penilaian akhir semester (PAS)  pada semester ganjil sesuai kalender pendidikan libur sekolah diberlakukan  sejak 26 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.

Dari pantauan Awak Swarapendidikan sejumlah sekolah seperti SDN di wilayah Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Bojongsari, Kota Depok  nampak kosong. Namun hal ini tidak berlaku bagi petugas operator sekolah  karena harus tetap melakukan aktifitas sejak diberlakukan libur sekolah.

“Saya sejak hari Selasa 26 Desember 2023 sudah masuk seperti hari biasa karena banyak tugas yang harus dikerjakan sampai  selesai,” kata Hari Sopyan, seorang operator  SDN Curug 01 saat ditemui di sekolahnya. Kamis (28/12/2023).

Hari Sopyan menerangkan tugas yang harus dikerjakan disaat libur sekolah di antaranya, membantu guru membuat Analisis  jabatan ( Anjab), membantu penilaian guru atau e kinerja melalui web langsung ke BKN Pusat. Kemudian, menutup buku kas umum (PKU) di anggaran kas dan aktivasi untuk tahun anggaran 2024, lalu  menyiapkan Anggaran kas (Arka) 2024.

“Jadi selama libur saya tetap kerja seperti biasa,” ujarnya, seraya mengatakan pada hari pertama kerja, saat siswa libur ditemani kepala SDN Curug 01. Selanjutnya, pada hari berikutnya ditemani sejumlah guru piket dan diantara rekan guru menyelesaikan tugasnya.

Hari mengaku kerja sebagai operator sekolah cukup padat. Seharusnya saat libur sekolah dirinya bersama keluarga liburan pulang kampung. “Karena kerjaan saya  tidak pulang ke daerah Pangandaran kampung istri,” ungkap Heri yang sudah menikah dan baru dianugrahi satu anak.  Tinggal di wilayah Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok persisnya dekat lapangan PSP.

Hal sama dikatakan Sulastri, guru SDN Curug 01 yang masuk ke sekolah bersama dua rekan guru lainnya. Dirinya masuk ke sekolah untuk menyelesaikan tugas sebagai guru.

Tugas yang harus diselesaikan, diantaranya  upload data e kinerja guru, kemudian memasukan nilai buku induk raport. “Jadi tugas ini harus diselesaikan, ketika libur sekolah kami bersama rekan lainnya datang ke sekolah ini untuk menyelesaikan tugas,” pungkasnya. (Dib)

Baca juga

Tinggalkan Komentar