Wow Keren!! Belajar Jadi Pengusaha, Siswa SMAN 3 Depok Dirikan Perusahaan

by Redaksi
0 Komentar 854 Pembaca

Swara Pendidikan (Sukmajaya, Depok) – Prakarya dan kewirausahaan atau biasa di sebut dengan PKWU merupakan salah satu mata pelajaran baru yang muncul untuk dapat dipelajari oleh siswa. Dengan harapan siswa dapat memproduksi karya yang lebih kreatif, inovatif meningkatkan nilai sensibilitas terhadap kemajuan jaman sekaligus mengapresiasi teknologi kearifan lokal yang mumpuni.

Seperti di SMA Negeri 3 Depok yang beralamatkan di Jl Raden Saleh no.45 Sukmajaya kec.Sukmajaya Depok. Dimana siswa-siswi kelas 10 dengan antusiasnya mengikuti mata pelajaran PKWU dan menghasilkan sebuah karya atau produk.

“Di mapel PKWU ini kami para siswa di arahkan oleh guru untuk membuat perusahaan agar kami bisa mempersiapkan dan menciptakan hasil karya yang baik, yang bisa membanggakan nama sekolah dan kota Depok,” ungkap Yohanes Michael Pratama siswa kelas 10-1 CEO Modern Class.

Michael menambahkan, perusahaan yang kami buat bernama Modern Class, seperti perusahaan pada umumnya kami pun sudah membuat struktur organisasinya.

“Kami libatkan teman-teman untuk jadi pengurus dan anggota lalu produk unggulan kami adalah mocci, target pasar kami umum, bisa dari lingkungan sekolah atau di luar sekolah,” terangnya.

Struktur Perusahaan Modern Class

Michael berpesan kepada teman-teman agar selalu menjaga kekompakan tim. Diantaranya bekerja dengan ketulusan, membangun komunikasi yang baik, tidak terputus, mengurangi konflik dan selalu menjaga visi misi kedepan.

“Harapan kami sebagai tenaga pendidik adalah agar anak-anak nanti kedepan bisa lebih kreatif inovatif dan mandiri,” ujar Era Yuliawati, SE,MM Guru Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) saat melakukan pendampingan.

“Ini langkah yang kami berikan untuk anak-anak agar mereka siap ketika nanti sudah berada di dunia luar karena segala sesuatu harus dipersiapkan,” ujar Era menambahkan.

“Kami paham bahwa setiap anak mempunyai bakat dan potensi berbeda beda oleh karena itu kami sebagai guru mencoba memberikan yang terbaik, mengarahkan mereka untuk bisa mengembangkan bakat dan potensinya masing-masing,” sambungnya.

Yohanes Michael Pratama bersama Era Yuliawati, SE,MM Guru Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)

Era menambahkan tujuan kami selanjutnya adalah karena di zaman ini  zaman digital, dimana media sosial bisa menjadi alat untuk siapa saja mengembangkan hasil karyanya. dan nantinya, anak-anak setelah lulus mindsetnya tidak hanya menjadi pekerja tetapi bisa menjadi pengusaha dan punya hasil karya besar yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Saya sebagai guru PKWU ini memang harus bisa memilih mana yang lebih prioritas agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, tidak terganggu dan berharap pihak sekolah bisa memfasilitasi hasil karya anak-anak,” tandasnya. (ameer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar