Sekolah Tempat Belajar dan Menata Masa Depan

by harlis
0 Komentar 898 Pembaca

Sekolah harus jadi tempat belajar yang menyenangkan bagi siswa sekaligus sebagai jembatan untuk menata masa depan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah 3, Herry Pansila saat memberikan pembinaan guru-guru di SMA N 11 Bekasi.

Swara Pendidikan.co.id (BEKASI) – Sekolah harus jadi tempat belajar yang menyenangkan bagi siswa sekaligus sebagai jembatan untuk menata masa depan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah 3, Herry Pansila saat memberikan pembinaan guru-guru di SMA N 11 Bekasi. Beberapa waktu lalu.

“Tugas kita sebagai pendidik adalah bagaimana membangun siswa yang cerdas berkarakter. Caranya bagaimana? Jadikan sekolah tempat belajar yang menyenangkan, nyaman dan lingkungan yang bersih serta didukung dengan berbagai program kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Maka ini akan membangkitkan motivasi anak-anak belajar dan meraih prestasi,” papar Herry Pansila.

Lebih jauh dikatakan Kepala KCD 3, pendidikan merupakan sebuah dunia yang lahir dari rahim kasih sayang. Sebab itu, pendidikan disekolah harus berlangsung dalam suasana kekeluargaan dengan pendidik sebagai orang tua dan siswa sebagai anak. Pendidikan harus dilakukan dengan hati lewat ungkapan rasa kasih sayang, keikhlasan, kejujuran, keagamaan, dan suasana kekeluargaan. Guru tidak dibatasi waktu dan tempat dalam mendidik siswa, sebagaimana orang tua mendidik anaknya. Guru harus ikhlas dalam memberikan bimbingan kepada siswanya sepanjang waktu. Demikian pula tempat pendidikannya tidak terbatas hanya di ruang kelas saja, dimanapun seorang guru berada, dia harus sanggup memainkan perannya sebagai seorang pendidik. Guru juga harus mengajarkan siswanya untuk peduli terhadap lingkungan.

“Jadi itu yang harus dilakukan guru disekolah bukan yang lain. siswa juga akan sungguh-sungguh, karena mereka yakin bahwa mereka sedang membangun impian masa depan. Orang tua dan masyarakat bahagia semua,” tuturnya. (Harlis)

Guru SMA Negeri 11 Kota Bekasi

Baca juga

Tinggalkan Komentar