Kepsek SD Swasta Ikuti Kursus Orientasi Mabigus

by Redaksi
0 Komentar 228 Pembaca

Swara Pendidikan (Buperta Ragunan, Jaksel) – Sebanyak 100 Kepala Sekolah Dasar Swasta se Kota Depok yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) mengikuti Kursus Orientasi (KO) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Depok bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD Swasta pada Rabu (30/8/23) lalu, bertempat di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

Kursus Orientasi untuk Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok diwakili oleh Kepala Seksi Kurikulum SD Disdik Kota Depok, Syahrir Simamora serta dihadiri Ketua Kwarcab Kota Depok, Kak Nina Suzana dan jajarannya.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Ketua MKKS SD Swasta Kota Depok, M. Taufiqurrahman, SS.MM menjelaskan, sesuai Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakulikuler wajib bagi pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang harus diikuti oleh peserta didik.

Untuk itu, lanjut Taufiqurrahman guna menjawab tuntutan Permendikbud tersebut, MKKS SD Swasta memandang perlu melaksanakan Kursus Orientasi bagi kepala sekolah selaku Ka Mabigus yang bertujuan untuk meningkatkan SDM pendidikan khususnya Kepala Sekolah sebagai Pembina Pramuka Gugus Depan. Selain juga memberikan pemahaman kepramukaan bagi kepala sekolah (Mabigus) agar lebih memahami tehnis kepramukaan yang sesungguhnya sesuai tata cara dan aturan yang berlaku.

“Kepala sekolah atau Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka. Mabigus) sebagai pemimpin  di sekolahnya mempunyai peran sentral dan strategis dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di setiap pangkalan sekolah. Apalagi peserta didik usia SD merupakan generasi penerus yang diharapkan bisa menjadi pemimpin bangsa berkarakter kuat,” tutur Ketua MKKS SD Swasta Kota Depok, M. Taufiqurrahman, SS.MM.

Taufiqurrahman berharap, kegiatan Kursus Orientasi Mabigus ini dapat memberikan pemahaman dan bermanfaat bagi para kepala sekolah selaku Ketua Mabigus.

“Dengan Kursus Orientasi  ini, harapannya pemahaman tentang fungsi Mabigus akan meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan pembinaan Pramuka di sekolah maupun generasi muda,” imbuhnya.

Foto Berita : Kursus Orientasi Ketua Mabigus SD Swasta

Sementara itu, Sekretaris MKKS SD Swasta Kota Depok, Zamil Apriansyah, S.IP, M.Pd menambahkan, Kursus Orientasi bagi Kepala Sekolah SD Swasta se Depok ini bekerjasama dengan Kwarcab Kota Depok, diikuti sebanyak 100 kepsek SD Swasta.

“Sebelumnya sebagian kepsek SD Swasta lainnya sudah lebih dulu mengikuti KO yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok pada tanggal 20-21 Agustus 2023 lalu di 5G Resort, Cijeruk Bogor,” ujar Zamil Apriansyah, S.IP, M.Pd.

“Oleh karena itu, kami dari MKKS SD Swasta menginisiasi kegiatan serupa bagi Kepala Sekolah Swasta yang berhalangan hadir pada KO kemarin oleh Disdik. Alhamdulillah pelaksanaan KO yang kami laksanakan 1 hari penuh dari pukul 08.00 Pagi hingga pukul 16.00 WIB berjalan sukses dan lancar,” tutup Zamil Apriansyah. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar