Kepala SDN Sawangan 2, Andi Wijaya Kenalkan Program Sekolah

by Redaksi
0 Komentar 70 Pembaca

Suasana kegiatan pelatihan Pramuka di halaman SDN Sawangan 02.

Swara pendidikan (Sawangan, Depok)- Keberadaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Sawangan, Kota Depok masing masing memiliki program unggulan, salah satunya SDN Sawangan 02. Sejak adanya mutasi, rotasi dan promosi kepala sekolah yang dilakukan Wali Kota Depok beberapa bulan yang lalu, sekolahnya terus melakukan perubahan.

Kepala SD Negeri Sawangan 2, Andi Wijaya terus berbenah dengan menata lingkungan sekolah. Hal paling ditekankan adalah kebersihan lingkungan. Selain itu, memanfaatkan ruang kelas kosong. dimanfaatkan untuk perpustakaan dan mushola.

“Setiap hari Jum’at kami adakan operasi semut, guru dan siswa melakukan aksi bersih-bersih, sementara ruangan yang kosong dimanfaatkan untuk ruang perpustakaan dan Musholla,” kata Andi Wijaya, saat ditemui Swarapendidikan dikantornya pada Rabu (31 Januari 2024).

Menurut Andi, SDN Sawangan 02 memiliki 10 ruang kelas sedangkan rombongan belajar (rombel) hanya 7. “Jadi masih ada 3 ruang kosong  yang kita manfaatkan untuk ruang Musholla, perpustakaan, dan selebihnya untuk ruang guru serta UKS,”  ujarnya.

Hal ini, lanjut Andi, sudah dimusyawarahkan dengan dewan guru dan komite. Para orang tua siswa juga memberikan dukungan dengan memberikan donasi berupa sajadah dan kipas angin.

Andi mengatakan, keberadan Musholla sangat penting karena digunakan guru dan para siswa untuk Sholat Dzuhur berjamaah. “Dengan keterbatasan tempat, jadwal sholat disesuaikan tiap kelasnya, kecuali sholat dhuha dilakukan di halaman sekolah setiap hari Jum’at,” paparnya.

Tidak hanya itu, sambungnya, dengan adanya perpustakaan juga mendorong para orang tua siswa ikut mendonasikan buku. Program lainnya yang sudah diterapkan adalah kegiatan ekstrakurikuler cabang olahraga karate.

“Ini upaya mewadahi minat dan bakat siswa, memotivasi siswa menjadi atlet karate,” ungkap Andi. Ia menambahkan, ada ekstrakurikuler lainnya, yaitu Pramuka.

“Jadwalnya dibagi 2,  hari Rabu untuk siswa kelas  4,5 dan 6, sedangkan Sabtu untuk siswa kelas rendah,”imbuhnya.

Untuk diketahui, Andi Wijaya guru Sebelum diangkat jadi Kepala Sekolah adalah Guru kelas 6 di SDN Sawangan 01, kemudian promosi menjadi Kepala SDN. Pada 22 November 2023 Resmi menjabat  setelah menerima SK, dan aktif sebagai Kepala SDN Swangan 2 pada 1 Desmber 2023. (Dib)

Baca juga

Tinggalkan Komentar