Disdik Depok Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer Jenjang SD

by Redaksi
0 Komentar 266 Pembaca

Sekdisdik Kota Depok, Sutarno, SE, MM membuka kegiatan Sosialisasi ANBK jenjang SD se Kota Depok.

SWARA PENDIDIKAN (DEPOK) – Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Kota Depok, Sutarno, SE, MM membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SD se Kota Depok tahun 2022 selama dua hari (Kamis-Jumat) di Wisma Hijau, Kamis (11/08/22).

Dikesempatan itu, Sekdisdik, Sutarno menyampaikan bahwa ANBK dirancang untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan dasar dan menengah yang terdiri dari AKM literasi-numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Dalam pelaksanaannya AN (Asesment Nasional) hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer. Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer daring (online) dan semi daring (semi online).

“Dulu, sebelum adanya perubahan kebijakan, kita mengenalnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan sekarang berubah menjadi Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Perbedaanya, kalau UNBK itu masih semi online, sedangkan ANBK sudah full online,” terang Sutarno.

Sutarno menjelaskan, bahwa Asesmen Nasional (AN) ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan dengan melihat kemampuan siswa serta untuk meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan dengan tujuan seberapa besar siswa atau siswi menguasai bidang akademik sebelumnya.

“AN ini menyasar pada tiga kategori penilaian. Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Kemudian survei karakter dan survei lingkungan belajar,” paparnya.

Sutarno menegaskan, seluruh sekolah wajib ikut ANBK.

“Untuk peserta jenjang SMP sederajat, SMA sederajat, dan SMK, berjumlah 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Untuk jenjang SD sederajat, 30 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Peserta akan terpilih acak dari data siswa yang sudah diinput di Dapodik. Untuk SD, sasarannya adalah siswa kelas 4 dan 5 Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk SMP, pesertanya adalah siswa kelas 8 Tahun Pelajaran 2022/2023,” jelasnya.

Baca juga

Tinggalkan Komentar