Tingkatkan Kompetensi Guru dan Siswa, SDN Sukmajaya 1 Gelar TKSI Bersama Instruktur Nasional Kemendikbud

by Redaksi
0 Komentar 165 Pembaca

Swara Pendidikan (Tirtajaya, Depok) – Untuk meningkatkan kompetensi guru dan murid, UPTD SDN Sukmajaya 1, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok mengadakan Test Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) selama dua hari bersama Instruktur Nasional Kemendikbud, Iwan Setiawan, S.Pd di sekolah, Kamis pagi (2/11/23).

Test Kebugaran Siswa Indonesia diikuti sekitar 70 siswa kelas 5 dihadiri Pengawas Pembina SD Kecamatan Sukmajaya, Ade Sukma.

Ade Sukma memberikan apresiasi terhadap kegiatan TKSI sebagai pilot poject.

Menurutnya, TKSI baru pertama kali diadakan di Sukmajaya, bahkan mungkin se Kota Depok,

“ini menjadi pilot project,” ujar Ade.

Kepala SDN Sukmajaya 1, Kokom Komala menjelaskan, TKSI selama dua hari yakni Rabu-Kamis (1-2/11/23) merupakan kegiatan dari enam kegiatan inplementasi BOS Kinerja yang diterima sekolahnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Alhamdulillah dengan diterimanya BOS Kinerja kami sudah dan sedang melaksanakan enam kegiatan. Hari ini TKSI adalah kegiatan terakhir dari enam rangkaian kegiatan,” kata Kokom dalam pembukaan kegiatan TKSI, Kamis pagi (2/11/23).

“Hari pertama, 1 November khusus para guru dan hari kedua, TKSI untuk peserta didik kelas 5,” ujarnya.

Kokom menjelaskan, di Kota Depok ada sekitar 25 sekolah dasar menerima BOS Kinerja, dua sekolah diantaranya dari Kecamatan Sukmajaya yakni SDN Mekarjaya 17 dan SDN Sukmajaya 1.

Dengan diperolehnya dana BOS Kinerja itu, menurut dia, sekolahnya melaksanakan enam kegiatan peningkatan kompetensi guru dan para siswa diantaranya, mengajak ratusan siswa berkunjung ke markas komando (Mako) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar & Penyeamatan Kota Depok, Bekerjasama dengan Polres Depok soasialisasi tentang Bullying,  In House Trainning (IHT) dan TKSI bersama dewan guru dan peserta didik.

Tujuan dari kegiatan TKSI, lanjut dia, untuk melihat tingkat kebugaran seorang berkaitan dengan keaktifan seorang siswa.” Nanti ada lima tes kebugaran yang akan dilakukan nara sumber Instruktur Nasional dari Kemendikbud yakni Pak Iwan,” ujar Kokom.

Instruktur Nasional Kemendikbud, Iwan Setiawan S.Pd menjelaskan, dalam TKSI ada lima test yang harus dijalani para peserta yakni, Jalan dan Lari Memindahkan Bola; test Sasaran memindahkan bolak-balik bola; Melempar Bola ke Dinding; test akurasi melempar bola ke keranjang, test kelenturan tubuh dengan memindahkan bola.

” Sekota Depok baru SDN Sukmajaya 1 yang melaksanak Test Kebugaran Siswa Indonesia,” ungkap Iwan yang juga menjabat Kepala SDN Depok Baru 3 dan Ketua PGRI Pancoran Mas. (jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar