SMKN 1 Ciamis Siap Rebut Juara Sekolah Sehat Tingkat Nasional

by harlis
0 Komentar 1170 Pembaca

Kepsek SMKN 1 Ciamis, Ika Sardi bersama KCD XIII Herry Pansila serta tim penilai sekolah sehat

Swara Pendidikan.co.id (CIAMIS) – Mewakili Provinsi Jawa Barat ke tingkat Nasional dalam lomba sekolah sehat berkarakter. SMKN 1 Ciamis siap rebut juara Sekolah Sehat Tingkat Nasional.

Hal itu dikatakan Kepala SMKN 1 Ciamis Ika Sardi usai penilaian oleh Tim penilai lomba sekolah sehat  tingkat nasional, Ahyar S.Sos didampingi  Kadis Kesehatan Kab Ciamis, drg Engkan Iskandar.

“SMKN 1 Ciamis merupakan satu-satunya wakil Jawa Barat dari 25 sekolah SMK/SMA se Indonesia yang maju ke tingkat Nasional,” kata Ika Sardi bangga.

Kepsek yang belum lama ini  mendapat penghargaan Presiden RI menilai bahwa sekolah sehat berkarakter bukan hanya karena mempunyai UKS yang memadai dan lingkungan bersih dari sampah dan rokok, namun semua warga sekolah harus mempunyai karakter baik seperti ramah, jujur, berintegritas, religius dan sebagainya.

“Kita menciptakan sekolah ramah anak sebagai upaya mencetak siswa berkarakter. Salah satu programnya adalah kegiatan tadarusan dan duha di masjid sekolah setiap pagi,” kata Ika.

“Kami juga membuat ruang terbuka literasi yang dilengkapi gazebo tempat siswa membaca, berikut buku bacaan penunjang wawasan siswa. Intinya kita ingin semaksimal mungkin ciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan nyaman untuk siswa didik, agar mereka fokus belajar dan berprestasi,” papar Ika yang memiliki jumlah siswa 1648 siswa.

Ditempat sama, Kepala Cabang Dinas (KCD) XIII, Herry Pansila bersama Wakil Bupati Kab Ciamis, Yana Diana Putra dan Sekda Kab Ciamis, Drs Haji Asep Sudarman yang mendampingi Tim penilai lomba sekolah sehat tingkat nasional memberikan apresiasi atas terpilihnya SMKN 1 Ciamis mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional.

“Ini dapat menjadi contoh bagi sekolah lain di Kabupaten Ciamis dalam menerapkan sekolah sehat berkarakter.  Mudah-mudahan ini bisa ditiru oleh sekolah lain baik Negeri  maupun Swasta,” ujar Herry Pansila.

Sementara itu, Wakil Bupati Kab Ciamis, Yana Diana Putra bersyukur atas keberhasilan SMKN 1 Ciamis mewakili kabupaten Ciamis maupun propinsi Jawa Barat ke tingkat Nasional dan akan terus mendukung program sekolah Sehat.

“Kita bangga dengan capaian SMKN 1 Ciamis, dan seterusnya akan mendorong program sekolah sehat berkarakter disetiap sekolah,” tutup Yana Diana Putra. (Ais) [espro-slider id=13797]

Baca juga

Tinggalkan Komentar