SDN Mekarjaya 13 Bekali Ortu dan Guru Kelas Melalui Seminar Parenting

by Redaksi
0 Komentar 160 Pembaca

Swara Pendidikan (Abadijaya, Depok) – Guna mencegah dan menyikapi aksi bullying pada anak sekolah, baru baru ini, SDN Mekarjaya 13, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok menggelar Parenting Anti Bullying untuk perwakilan orang tua murid (OTM) kelas 1-6 dan para guru di sekolah, Rabu (4/10/23).

Kepala SDN Mekarjaya 13, Koko Komala mengatakan,  Parenting Anti Bullying ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dan guru tentang bulying, cara menyikapi dan mencegah terjadinya bulying sehingga dapat menanamkan ke anak-anak.

“Bahwa bullying adalah tindakan yang tidak boleh dilakukan karena merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar,” tandas Koko.

Dengan diadakannya Parenting Anti Bullying, menurut dia, harapannya menjadi sekolah yang aman, nyaman, bebas dari bullying, perundungan ataupun kekerasan.

“Sehingga menuju sekolah ramah anak, sekolah yang bersih, sehat dan peduli dengan lingkungan,” kata Koko.

Bagaimana mencegah dan menyikapinya, Koko menyarankan, orang tua harus bekerjasama dan bersinergi dalam mencegah terjadinya bullying.

Peranan orang tua untuk mencegah bullying yakni:

  1. Berbicara dan mendengarkan cerita anak setiap hari
  2. Luangkan waktu untuk istirahat dengan anak
  3. Jadilah contoh yang baik untuk anak
  4. Pelajari emosi anak .

Kegiatan Parenting Anti Bullying Pada Anak Sekolah dihadiri pengawas pembina gugus 2,  Khuswatun Hasanah SPd MM, dengan nara sumber Dhova Shahroza, M.Soc.oc.psikolog. (jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar