SD Negeri Grogol 1 Sabet Penghargaaan Sekolah Adiwiyata

by Redaksi
0 Komentar 156 Pembaca

Kepala SDN Grogol 1, Widiyaningsih M.Pd bersama Elly Farida (Istri wali kota Depok)

Swara Pendidikan (Limo ,Depok)- SD Negeri Grogol 1 adalah Salah satu sekolah favorit dikota Depok yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata pada Minggu lalu yang di gelar di Studio Alam TVRI Sukmajaya.

Acara tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia berkolaborasi dengan Komunitas Nirvana sekaligus pembagian hadiah untuk para pemenang lomba.

Kepala SDN Grogol 1, Widiyaningsih M.Pd mengaku senang dan bersyukur atas apa yang sudah didapatkan.  Ini bukti kerja keras, tentunya hasil kerjasama dengan stakeholder yang ada disekolah.

“Sebelum kami masuk sekolah adiwiyata, kami mempersiapkan bahwa seluruh warga sekolah untuk bisa merubah prilaku tentang sampah dan penangananya terutama sampah plastik,”kata Widiyaningsih, Selasa (25/6/24).

Widiyaningsih  mengatakan terlebih dahulu mensosialisasikan kepada guru dan siswa. Setelah ada kesepakatan, siswa diwajibkan membawa alat makan dan minum sendiri untuk belajar mengurangi sampah plastik.

“Kemudian kami menanam untuk menambah ruang hijau dilingkungan sekolah dan membuat biofori  lima titik,” katanya.

Lebih lanjut, widiyaningsih  berharap   para siswa selalu menjaga kebersihan agar sampah plastik dan sampah yang lain tidak berserakan di lingkungan sekolah.

“Kami bekerjasama dan memberikan edukasi keseluruh pihak, tidak kecuali dengan para pedagang yang ada dikantin untuk tidak menyajikan jajanan yang memakai plastik,” ujarnya.

Menurutnya, Sekolah Adiwiyata adalah tempat belajar yang ingin para siswanya memiliki karakter peduli lingkungan bahkan setelah lulus dari sekolah yang bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

“Saya berharap agar penghargaan yang kita dapatkan bisa dipertahankan dan bisa lebih baik lagi menjaga kebersihan lingkungan sekolah,” harapnya. (Amer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar