Pupuk Rasa Cinta Pada Rasulullah, SDN Mekarjaya 11 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

by Redaksi
0 Komentar 86 Pembaca

Swara Pendidikan (Abadijaya, Depok) – Memupuk rasa kecintaan dan menjadikan sebagai tauladan idola bagi siswa dengan menjalankan sunah-sunahnya, SDN Mekarjaya 11 bersama Komite Sekolah mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah itu, Kamis pagi (5/10/23).

Kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW diikuti 700 murid, para guru, pengurus komite sekolah, korlas dan para orang tua murid (OTM).

Selain Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Wawang Buang, Pengawas Pembina SDN Kecamatan Sukmajaya dan Ketua Kekompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sukmajaya, Arif Suryadi, kegiatan peringatan maulid itu dihadiri  pula anggota DPRD Depok dari Fraksi Gerindra, Turiman yang juga orangtua dari seorang siswi kelas 5 SDN Mekarjaya 11.

Dalam sambutannya, Kabid Pembinaan SD, Wawang Buang berharap, agar lebih mencintai Rasulullah hendaknya para warga sekolah meneladani sifat-sifat dan silsilah keluarga Nabi Muhammad SAW, seperti siapa orangtuanya, istri dan anak-anak Rasulullah.

“Membaca sholawat nabi berisikan nama-nama anggota keluarga Rasulullah. Intinya dengan Maulid ini kita lebih mencintai Rasulullah,” kata Wawang.

Anggota Komisi D yang membidangi masalah Pendidikan dari Fraksi Gerindra DPRD Kota Depok, Turiman menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam kapasitasnya sebagai orang tua murid (OTM)  kelas 5 SDN Mekarjaya 11.

“Saya memberikan apresiasi dan memuji kekompakan Kepala sekolah, para guru, orangtua murid dibawah koordinasi komite sekolah dalam kegiatan memperingati Maulid Nabi Nuhammad SAW,” ucap Turiman.

Kepala SDN Mekarjaya 11, Hj Nana Marlina mengatakan, peringatan maulid ini merupakan salah satu peran pihaknya sebagai konservator (pemelihara) dan (transmitor at penerus) nilai-nilai keimanan kepada siswa. “Diantaranya adalah  memupuk rasa kecintaan siswa kepada Rasulallah dan menjadikan sebagai tauladan idola bagi siswa dengan menjalankan sunah-sunahnya,” tutur Nana.

Nana menjelaskan, hikmah dari peringatan maulid Rasulullah adalah wujud rasa bahagia dan suka cita atas kelahiran Rasullalah insan termulia dan sempurna yang mmbawa umat manusia dari zaman kegelapan dan kebodohan kezaman yang penuh cahaya ilmu pengetahuan.

Merayakan hari kelahiran Radulullah, menurut Nana, merupakan pengakuan  keberadaan seorang teladan bagi umat islam.

“Dan juga menivestasi atas rasa cinta kasih sayang kita kepada Nabiyullah shalallahualaiwasalam. Mencintai Rusullalah bentuk cinta kita juga kepada Allah SWT,” tandasnya.

Kepala SDN Mekarjaya 11, Hj Nana Marlina mengucapkan terimakasih kepada kabid SD Disdik Kota Depok, Wawang Buang, pengawas dan Ketua K3S dan PGRI.

Selain para guru pasukan krudung ungu dan pasukan krudung pink bunda komite dan korlas yang senantiasa siap mendukung kegiatan-kegiatan sekolah. Termasuk juga seluruh orang tua siswa yang memberikan infak terbaiknya untuk terselenggarannya perayaan msulid nabi pada tahun ini.

“Semoga apa yang sudah diiklaskan baik materi, tenaga waktu dan pemikiran untuk terselenggara acara ini menjadi catatan pahala bapakk dan berkumpulnya kita pada hari ini mendatangkan kebermanfaatan,” kata Nana.

Di acara Maulid Nabi ada tarian islami seperti tari saman dan nyanyian sholawat. Marhaban diiringi marawis gabungan guru dan orang tua.

“Setiap kita memperingati maulid biasa ada asrokal, isinya yah sholawat nabi, tadi juga ada asrokal diiringi marawis gabungan guru dan orang tua,” pungkas Nana. (jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar