Pesan dan Harapan Kepala SDN Cipayung 1 saat Pembagian Raport

by Redaksi
0 Komentar 37 Pembaca

Kepala SD Negeri Cipayung 1, Muhtar S.Pd (Foto Doc Amer)

Swara Pendidikan (Cipayung, Depok)- Pelaksanaan pembagian raport di sejumlah sekolah di Kota Depok khususnya tingkat SD sedang berlangsung. Di SDN Cipayung 01 raport harus dìambil oleh orang tua siswa.

Kepala SD Negeri Cipayung 1, Muhtar S.Pd mengatakan orang tua bisa melihat hasil pembelajaran anaknya selama satu tahun. “Nanti dirumah bisa diskusi dengan anak untuk mengevaluasi hasil,apa yang sudah menjadi kelebihan dan kekurangannya,” katanya.

Tak lupa, Muhtar berpesan kepada para orang tua saat tiba libur sekolah, anak-anak ada dirumah. Pertama, orang tua harus tetap menjaga putra putrinya, terutama jangan terlalu sering bermain HP karena bisa mempengaruhi kesehatan dan konsentrasi pada anak.

Selanjutnya, orang tua harus memperhatikan anaknya dalam bergaul, harus tahu dengan siapa mereka bermain dan pergi.

“Sekolah libur bukan berarti berhenti belajar, harus tetap belajar walaupun tidak secara formal. Orang tua bisa mengajarkan  ilmu agama, seperti mengaji, mengkaji alquran dan hadist,” pesannya.

Dia mengingatkan, jangan sampai masa liburan ini, anak-anak dibiarkan begitu saja tanpa ada pengawasan dan perhatian dari orang tua sehingga bisa terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Hal lain, Muhtar membeberkan strateginya meghadapi tahun ajaran baru 2024-2025 agar sekolah lebih bermutu.  Dia mengatakan pentingnya meningkatkan kualitas SDM, yaitu guru.

“Dengan meningkatnya kualitas guru akan berdampak pelaksanan KBM bisa lebih dinamis. Akan tergali potensi, bakat dan siswanya,” terangnya.

Tak hanya itu, guru harus bisa membaca karakteristik anak, perubahan sikap dan  prilaku anak di sekolah.

“Sebagai seorang guru harus bisa memberikan contoh yang baik dan selalu memberikan motivasi agar para siswa bisa berhasil dalam ilmu akademis maupun non akademis,” tandasnya. (Amer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar