Pentingnya Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

by Redaksi
0 Komentar 472 Pembaca

Minat belajar adalah bentuk dorongan pada diri sendiri untuk dapat melakukan sesuatu sehingga dapat membuat seseorang menjadi tertarik dan senang.

Menurut KBBI minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keinginan terhadap sesuatu. Minat belajar siswa adalah jembatan utama bagi siswa untuk dapat melewati setiap jenjang pendidikan yang akan dilalui pada masa sekarang maupun masa depan.

Memberikan inspirasi dan motivasi pada siswa menjadi perhatian utama bagi tenaga pendidik dalam pengembangan kualitas belajar siswa, pada umumnya siswa sekolah dasar harus diarahkan dengan perhatian yang lebih mendalam dalam segala aspek terutama dalam memperhatikan peningkatan minat belajar bagi siswa.

Dewasa ini pendidikan seolah mendorong siswa untuk menjauhi sekolah. Banyak tenaga pendidik yang kurang paham dalam menumbuhkan minat belajar siswa bahkan sebagian tenaga pendidik bersifat seolah menjadikan diri sebagai sosok yang menyeramkan bagi sebagian siswa yang berdampak pada kurangnya minat siswa dalam belajar. Tenaga pendidik bukan mengarahkan siswa yang melakukan kesalahan agar dapat belajar dari kesalahan malah memvonis kesalahan siswa yang sangat berdampak dalam hal minat belajar.

Bentuk  motivasi dan inspirasi juga seharusnya tidak luput dari perhatian seorang tenaga pendidik bagi siswa. Memberikan perhatian yang lebih bagi siswa dalam hal menumbuhkan minat belajar siswa menjadi poin yang sangat penting, terutama siswa sekolah dasar yang yang dikhususkan pada pembentukan karakter agar dapat terdidik terlebih dahulu dalam segala aspek sehingga nantinya dapat melanjutkan kehidupan-kehidupan dimasa yang akan datang. Memberikan inspirasi dan motivasi, membentuk suasana kelas yang menyenangkan juga dapat mendodong siswa agar dapat lebih memiliki minat yang tinggi dalam belajar.

Lembaga pendidikan seharusnya lebih memperhatikan tenaga pendidik untuk nantinya dapat melakukan kegiatan pembekalan dalam hal mendidik dan mengajarkan siswa dengan cara yang menyenangkan dan dapat diterima serta untuk dapat mengurangi kebosanan pada siswa dalam belajar. pembekalan dilakukan guna membentuk tenaga pendidik menjadi pribadi yang membuat siswa senang dan tidak untuk ditakuti, tenaga pendidik harus paham mengenai bagaimana mengkomunikasikan segala sesuatu dengan cara yang menyenangkan bagi siswa terutama siswa sekolah dasar tekhusus pada siswa Sekolah Dasar kelas rendah. Dengan cara tersebut diharapkan peserta didik dapat dengan baik menerima apa saja yang disampaikan oleh guru yang nantinya berdampak pada pertumbuhan minatnya dalam belajar. **


Penulis: Yosilia Puti Safira Indani Putri (Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Sriwijaya Indralaya)

Dosen Pengampu :

  • Dwi Cahyani Nuraini.  M.Pd.
  • Mazda Leva Okta Safitri. M.Pd.

 

Baca juga

Tinggalkan Komentar