Kepala Sekolah SDN Cipayung 4 Berbagi melalui Diseminasi Kepada 10 Kepsek Negeri di Kecamatan Cipayung

by Redaksi
0 Komentar 267 Pembaca

Oleh : Feryany Gultom

 

Alhamdulillah, hari ini Kamis, tanggal 20 Oktober 2022 saya dapat berbagi praktik baik diseminasi tentang rapot pendidikan kepada 10 kepala sekolah di Kecamatan Cipayung.

Kegiatan diseminasi ini merupakan kolaborasi antara saya selaku pelaksana sekolah penggerak dengan ketiga pengawas binaan yaitu Ibu Dra. Mimir   Puspitaningsih, MM,(komite pembelajaran), Ibu Sri Suparni, M.Pd, dan Ibu Dyah Safitri, S.Pd., M.Pd. Materi diseminasi antara lain Platform SDS, Rapot Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar yang lebih dikenal dengan PMM.

Kepala sekolah dan guru harus mampu membaca dengan baik rapor pendidikannya karena rapor pendidikan menampilkan asesmen dan survei nasional satuan pendidikan (satdik). Satuan Pendidikan dapat menjadikan rapor pendidikannya sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh.

Senang sekali, melihat antusias teman-teman kepala sekolah mengikuti kegiatan diseminasi ini, banyak pertanyaan yang muncul setelah mengetahui ada banyak warna di setiap dimensi pada rapor pendidikannya. Terdapat 4 warna berbeda biru, hijau, kuning, dan merah. Warna merah dan kuning inilah yang menjadi prioritas utama kita untuk membenahinya agar rapot Pendidikan tahun depan berubah warna menjadi hijau atau biru.

Sekarang ini siapa saja mudah untuk mengakses platform rapor Pendidikan melalui link raporpendidikan.kemdikbud.go.id/. Selain dapat mengunduh rapot Pendidikan, kita dapat mengunduh materi perencanaan berbasis data, aplikasi PBD.ver04, rekomendasi PBD, dan uraian kegiatan arkas. Semua ini membantu kami dalam merencanakan dan menentukan kegiatan-kegiatan sekolah yang akan dimasukkan ke dalam arkas. Dengan demikian berarti kami, kepala sekolah dan guru sudah melakukuan perencanaan berbasis data (PBD), salah satu intervensi khusus bagi sekolah penggerak. **

Penulis: Feryany Gultom (Kepala SDN Cipayung 4 Depok)

Baca juga

Tinggalkan Komentar