Kadisdik Depok Pantau Pelaksanaan Ujian Kesetaraan Paket C

by Redaksi
0 Komentar 614 Pembaca

Kadisdik, Hj. Siti Chaerijah memantau langsung pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan (UK) Paket C di UPTD SPNF SKB Kota Depok

Swara Pendidikan (Depok ) – Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Hj. Siti Chaerijah Aurijah memantau langsung pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan (UK) Paket C di UPTD SPNF SKB Kota Depok, Jl. Stasiun Depok Lama No. 4, Pancoran Mas, Depok, Sabtu (18/5/24).

Kehadiran orang nomor satu dijajaran Dinas Pendidikan Kota Depok untuk memastikan pelaksanaan ujian kesetaraan (UK) Paket C berjalan lancar dan seluruh peserta terlayani dengan baik.

Kadisdik, Hj. Siti Chaerijah mengatakan, ujian kesetaraan adalah proses asesmen yang menyetarakan hasil pendidikan nonformal dengan pendidikan formal.

“Ujian ini berlaku untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah yang diselenggarakan satuan pendidikan terakreditasi. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 31 tahun 2023 tentang pendidikan kesetaraan paket A, B dan C,” terangnya.

Peserta didik yang berhasil lulus ujian, imbuhnya, akan mendapatkan Sertifikat Hasil Uji Kesetaraan (SHUK) yang berisi nilai uji kesetaraan serta tingkat capaian standar kompetensi lulusan yang memenuhi capaian kompetensi minimum.

“Sedangkan mereka yang belum berhasil akan mendapat surat keterangan hasil uji kesetaraan (SKHUK) berisi nilai uji kesetaraan peserta,” tandasnya.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan ujian kesetaraan (UK) paket C dilaksanakan selama dua hari (Sabtu – Minggu, 18-19 Mei).

“Tadi saya mendapat laporan dari panitia, untuk keseluruhan peserta Paket C berjumlah 287 orang, sementara yang mengikuti UK sebanyak 207 peserta,” rincinya.

“Untuk UK Paket A dan B dilaksanakan minggu depan. Sabtu – Senin (25 – 27 Mei). Dari data yang terhimpun, peserta Paket A, sekira 231 orang, dan yang akan mengikuti UK Paket A sebanyak 91. Sementara untuk Paket B, jumlah keseluruhan 274 orang, peserta UK Paket B, sebanyak 114 orang,” paparnya. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar