Cegah Siswa Bolos, SMP Negeri 2 Gunakan Absensi Digital

by harlis
0 Komentar 450 Pembaca
Salah seorang siswa didampingi Kepsek SMPN 2 Depok Sumarno menunjukan cara penggunaan absensi digital

Salah seorang siswa didampingi Kepsek SMPN 2 Depok Sumarno menunjukan cara penggunaan absensi digital

Swara Pendidikan.co.id ( PANCORANMAS) – Untuk mempermudah orang tua mengetahui rekapan absensi putra-putrinya sekolah atau tidak, sejak 9 Januari 2017 SMP Negeri 2 Depok memberlakukan absensi digital atau elektronik yang terpasang di pintu masuk sekolah dan pintu masuk kelas.

“Sejak 9 Januari lalu kami mulai terapkan penggunaan absensi digital atau elektronik untuk Seluruh  siswa kelas VIII, baik mau masuk maupun pulang sekolah, dan ini merupakan yang pertama kali di Kota Depok,” terang Kepala SMPN 2 Sumarno kepada SP. Kamis (12/1/17).

“Alatnya kami pasang di pintu masuk sekolah dan didekat pintu masuk kelas,” sambung Sumarno. Dia juga mengatakan sebelumnya siswa kelas VIII diberikan kartu aplikasi.

Menurut Sumarno, absensi digital ini dimaksudkan untuk mempermudah orang tua mengetahui perkembangan putra-putrinya. Orang tua juga dapat mengetahui absensi anaknya dengan cara membuka ponsel dan memasukan aplikasinya terlebih dahulu.

“Aplikasi android absensi siswa kelas VIII nantinya selain dapat memperoleh informasi rekapan absensi siswa juga akan dapat menampilkan rekapan nilai hingga informasi atau pengumuman secara langsung kepada orang tua murid dengan cepat. Bahkan nantinya, orang tua murid tak perlu datang langsung ke sekolah menanyakan masalah absensi atau rekapan nilai tapi dapat melihat dari handphone milik mereka,” papar Sumarno.

Sebelum diterapkan penggunaan absensi digital untuk siswa kelas VIII kata dia lagi, pihaknya meminta masukan dari orang tua murid dan ternyata hampir seluruh orang tua siswa mendukung penuh kebijakan tersebut.

“Untuk absensi digital ini baru kita terapkan hanya untuk siswa kelas VIII, sementara untuk kelas IX tidak kita sarankan karena waktunya hampir berdekatan dengan ujian nasional (UN),” pungkasnya. (Harlis)

Baca juga

Tinggalkan Komentar