Oleh: Febrian Syehan Armanda*

Program Studi PGSD FKIP Universitas Sriwijaya mewajibkan mahasiswa semester 6 untuk mengadakan praktik pengenalan lapangan persekolahan (PLP). Tepat pada 7 Maret 2023, pelepasan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dilakukan di Gedung Serbaguna FKIP UNSRI dengan mengundang Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir, diiringi sambutan-sambutan dari Dekan FKIP UNSRI. Terdapat tiga sekolah yang menjadi tujuan observasi pada pengenalan lapangan persekolahan (PLP) kali ini, salah satunya SDN 05 Indralaya.
Observasi dimulai pada keesokan harinya, tanggal 8 Maret 2023 dengan total 13 mahasiswa yang meneliti berbagai kelas. Fokus peneliti selama observasi tertuju pada kelas III yang bisa dibilang sangat berbeda dari kelas-kelas yang lain. Keragaman karakter menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti dalam mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan di kelas tersebut.
Tujuan peneliti dalam menganalisis metode pembelajaran yaitu agar pembelajaran bisa berjalan dengan kondusif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan RPP yang diterapkan. Pengenalan lapangan persekolahan (PLP) ini berlangsung selama 40 hari dengan berbagai keanekaragaman karakter peserta didik yang ditemui.
Dengan pemilihan metode pembelajaran yang baik dan sesuai, akan terciptanya pendidik yang kreatif dan inovatif dalam mengajar peserta didiknya. Pemilihan metode pembelajaran sangat berperan penting akan hal di atas, kesalahan peneliti dalam memilih metode pembelajaran sangat berdampak terhadap tujuan pembelajaran. Peneliti harus bisa menyesuaikan metode pembelajaran terhadap karakteristik peserta didiknya. **
Daftar Pustaka
Armanda, F. S. (2023). Analisis Keragaman Karakter Terhadap Metode Pembelajaran Siswa Kelas III SDN 05 Indralaya. Pengenalan Lingkungan Persekolahan. Retrieved from https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/e0386c95-2bf5-e011-a84d-d542ca8df617
*Penulis: Febrian Syehan Armanda (Mahasiswa FKIP PGSD Universitas Sriwijaya)