Pengabdian Masyarakat, FH Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Sosialisasi Perlindungan Anak di MTs Al Husna

by Redaksi
0 Komentar 530 Pembaca

Pengabdian Masyarakat, FH Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Sosialisasi Perlindungan Anak di MTs Al Husna

Swara Pendidikan (Cimanggis, Depok) – Fakultas  Hukum (FH) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat di MTs Al Husna Depok dengan menggelar sosialisasi Perlindungan Anak dengan mengusung tema “Sosialisasi dan pendampingan dalam rangka pemenuhan hak-hak anak yang menjadi korban kekerasan dan diskriminasi”. Selasa (11/4/23)

Kegiatan yang diselenggarakan sehari penuh diikuti oleh dewan guru, perwakilan orang tua siswa, dan siswa kelas 8.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Tim Abdimas yang terdiri dari Satino, S.Sos., M.H., Ir. Yuliana Yuli Wahyunigsih,M.M.,M.H. dan Surahmad,S.H., M.H.

Ketiganya merupakan dosen Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Ir. Yuliana Yuli Wahyunigsih,M.M.,M.H mengatakan, tujuan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan agar siswa siswi serta guru-guru MTs Al Husna mengetahui dan memahami tentang Perlindungan Anak dan Hak-hak Anak yang harus dilindungi,

“Perlindungan Anak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk masyarakat dan pemerintah, hal ini tertuang didalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang tentang Perlindungan Anak,” ujar Yuliana.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menekan terjadinya kasus kekerasan kepada anak. Baik yang dilakukan oleh keluarga, lembaga pendidikan maupun lingkungan dimana anak tersebut tumbuh dan berkembang,” harap Yuliana.

“Sebagaimana tadi yang disampaikan oleh pak Satino pentingnya perlindungan pada anak yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014,” terangnya.

Sedangkan saya sendiri, ujar Yuliana, menjelaskan berkaitan dengan asas dan tujuan perlindungan anak sebagai jaminan terpenuhinya hak-hak anak agar dapat berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Dan Surahmad menjelaskan tentang hak dan kewajiban anak berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Kepala Madrasah, guru guru maupun orang tua siswa MTs Al Husna.

Menurut Kepala Madrasah MTs Al Husna, Edi Suhaedi dengan adanya sosialisasi yang disampaikan oleh tim abdimas FH Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta semakin menambah wawasan dan pengetahuan akan pentingnya hak-hak Anak yang harus dilindungi. **

Baca juga

Tinggalkan Komentar