ADVERTISEMENT
  • BERITA UTAMA
    • NASIONAL
    • Internasional
    • KABAR DAERAH
    • METROPOLITAN
  • KABAR SEKOLAH
    • SMA
    • SMK
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • MI/DINIYAH
    • PAUD/TK
  • PROFIL SEKOLAH
    • SMK
    • SMA
    • MA
    • SMP
    • MTS
    • SD
    • TK/PAUD
    • MI/DINIYAH
  • MENULIS
    • Artikel Guru
    • Artikel Dosen/Mahasiswa
    • Opini
  • TIPS EDU
  • EDU INFO
    • Klik Pendidikan
    • Info Pendidikan
    • Info Guru
  • RUANG SASTRA
    • Cerpen
    • Puisi
  • ULASAN BUKU
    • BAHAN AJAR
    • BUKU UMUM
  • INSPIRASI PENDIDIKAN
  • JEJAK PRESTASI
Swara Pendidikan
  • Login
Thursday, November 27, 2025
No Result
View All Result
No Result
View All Result
Swara Pendidikan
No Result
View All Result
ADVERTISEMENT

Analisis Kebijakan Pendidikan Nasional, Fragmentasi dan Tantangan Integrasi Lembaga Pendidikan

oleh Dr.H.Bambang Sutopo, SEI, MM - Anggota DPRD Kota Depok

by SWARA PENDIDIKAN
10 October 2025
in Opini
0
Analisis Kebijakan Pendidikan Nasional, Fragmentasi dan Tantangan Integrasi Lembaga Pendidikan
          

Saat ini muncul fenomena menarik dalam sistem pendidikan nasional Indonesia, yaitu semakin beragamnya kementerian dan lembaga yang ikut terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan. Di samping Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai lembaga utama, kini muncul lembaga-lembaga pendidikan lain yang dikelola oleh kementerian berbeda.

 

Beberapa contoh aktual adalah:

Sekolah Rakyat yang dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat rentan dan anak putus sekolah.

BACA JUGA

Guru, Penjaga Peradaban di Tengah Dunia yang Terus Berubah

Politik, Ruang Dinamis yang Penuh Warna

Guru Gen Z di Tengah Kelas Gen Alpha: Peluang dan Tantangan di Era Digital

97 Tahun Sumpah Pemuda, Semangat yang Tak Pernah Padam

Sekolah Garuda yang hari ini dilaunching dibeberapa daerah atau satuan pendidikan binaan Kementerian Pendidikan Tinggi / BRIN yang dikembangkan dalam konteks inovasi dan  pengabdian masyarakat, dan diperuntukkan utk Wilayah-wilayah yang masuk kategori 3 T. SDM unggul yang diharapkan nantinya mampu menembus persaingan global/Internasional  khususnya dalam bidang Science dan Tehnology.

Sementara itu, sekolah negeri dan swasta eksisting tetap berada di bawah koordinasi Kemendikdasmen, dengan payung hukum utama UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Fenomena ini menunjukkan adanya dispersi kebijakan (policy dispersion) di bidang pendidikan. Masing-masing kementerian memiliki orientasi dan target berbeda, Kemensos berfokus pada aspek sosial dan rehabilitatif, Kemendikti pada inovasi dan riset, sementara Kemendikdasmen pada pengelolaan sistem dan mutu pendidikan nasional.

Namun, dari perspektif kebijakan publik, kondisi ini menimbulkan sejumlah tantangan strategis, antara lain:

  1. Fragmentasi Tata Kelola Pendidikan.

Tidak adanya satu otoritas tunggal yang mengatur seluruh model penyelenggaraan pendidikan menyebabkan kebingungan dalam standar, akreditasi, dan koordinasi anggaran.

  1. Tumpang Tindih Regulasi dan Program.

Munculnya sekolah di bawah kementerian lain berpotensi bertabrakan dengan mandat UU Sisdiknas dan Permendikbud tentang standar pendidikan dasar dan menengah.

  1. Inefisiensi Anggaran dan Daya Sebar Program.

Ketika banyak lembaga menjalankan program serupa tanpa koordinasi lintas sektor, potensi duplikasi anggaran dan program menjadi tinggi.

  1. Ketimpangan Mutu dan Akses.

Sekolah-sekolah non-Kemendikbudristek kerap tidak mengikuti sistem akreditasi atau kurikulum nasional, sehingga sulit diintegrasikan dengan jalur pendidikan formal lain.

 

Kebutuhan Reformasi Kebijakan Pendidikan

Kondisi ini menuntut adanya reformasi kebijakan pendidikan nasional melalui,

  1. Koordinasi Lintas Kementerian dalam kerangka National Education Council atau Dewan Pendidikan Nasional yang memiliki otoritas sinkronisasi kebijakan.
  2. Revisi atau harmonisasi regulasi pendidikan, terutama setelah UU Sisdiknas dan UU Pesantren, agar ada payung hukum yang menegaskan peran masing-masing kementerian.
  3. Penguatan fungsi Kemendikdasmen, sebagai regulator utama, sementara kementerian lain dapat berperan sebagai mitra implementasi sesuai bidangnya (misalnya sosial, riset, atau vokasi).
  4. Peningkatan peran pemerintah daerah dalam menyinergikan program nasional dengan kebutuhan lokal, termasuk melalui kemitraan dengan sekolah rakyat, madrasah, dan lembaga pendidikan komunitas.

 

Membangun Ekosistem Pendidikan Terpadu

Arah kebijakan pendidikan nasional semestinya menegaskan bahwa pendidikan adalah satu sistem terpadu, bukan sektoral. Perlu ditegaskan kembali asas kesatuan sistem pendidikan nasional, dengan koordinasi lintas kementerian yang kuat dan berbasis kebutuhan masyarakat.

Jika tidak diantisipasi, fragmentasi ini akan memperlemah visi besar pendidikan nasional, mencerdaskan kehidupan bangsa melalui sistem yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.**

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Jumlah Pembaca: 15

BeritaTerkait

Guru, Penjaga Peradaban di Tengah Dunia yang Terus Berubah
Opini

Guru, Penjaga Peradaban di Tengah Dunia yang Terus Berubah

by SWARA PENDIDIKAN
25 November 2025
0
0

Oleh: Dr.H.Bambang Sutopo, SE, MM*

Read more
Politik, Ruang Dinamis yang Penuh Warna

Politik, Ruang Dinamis yang Penuh Warna

14 November 2025
0
Guru Gen Z di Tengah Kelas Gen Alpha: Peluang dan Tantangan di Era Digital

Guru Gen Z di Tengah Kelas Gen Alpha: Peluang dan Tantangan di Era Digital

6 November 2025
0

97 Tahun Sumpah Pemuda, Semangat yang Tak Pernah Padam

27 October 2025
0

Kereta Cepat Jakarta – Bandung Simbol Kemajuan dan Ancaman Fiskal? Antara Prestasi dan Paradoks

27 October 2025
0

Santri, Pesantren, dan Kebangkitan Moral Bangsa

22 October 2025
0
Next Post
Tak Sekadar Senam, SDN Pancoran Mas 3 Depok Punya Cara Kreatif Bangun Karakter Siswa!

Tak Sekadar Senam, SDN Pancoran Mas 3 Depok Punya Cara Kreatif Bangun Karakter Siswa!

ADVERTISEMENT
https://datapers.dewanpers.or.id/media/certificate

2025 © swarapendidikan.co.id

TENTANG KAMI

  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER / MAGANG
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

Follow Us

No Result
View All Result
  • Disclaimer
  • KODE ETIK JURNALIS SWARA PENDIDIKAN
  • KODE ETIK JURNALISTIK
    • KODE ETIK JURNALISTIK
  • KONTAK IKLAN
  • LOKER / MAGANG
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi
  • SOP Perlindungan Wartawan
  • Swara Pembaca
  • swarapendidikan.co.id
  • Tentang Kami

2025 © swarapendidikan.co.id

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In