SMP Negeri 2 Depok Galakan Budaya Literasi

by harlis
0 Komentar 1154 Pembaca
gerakan Literasi SMPN 2 Depok

gerakan Literasi SMPN 2 Depok

Swarapendidikan.co.id (Pancoranmas, Depok) – Gerakan  minat baca atau budaya membaca (Literasi) di sekolah harus ditumbuhkan serta ditingkatkan untuk memberikan motivasi maupun pengetahuan lebih para siswa dalam mendapatkan ilmu di luar mata pelajaran yang diterima di sekolah.

“Kegiatan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan serta ilmu bagi siswa guna memahami perkembangan maupun pengetahuan yang selama ini hanya diterima di dalam sekolah atau pendidikan sehari-hari,” kata Kepala SMP N 2 Depok, Sumarno saat pembukaan Literasi yang diikuti ratusan murid  SMP N 2 Depok, Senin (22/8/2016).

Budaya membaca sudah seharusnya ditumbuhkan dalam diri setiap anak terlebih anak yang telah memasuki Sekolah Menangah Pertama (SMP) yang berguna bagi penambahan ilmu di luar yang telah diberikan guru atau staf pengajar di sekolah.

Menurut dia, paling tidak setiap siswa atau murid minimal harus membaca sekitar 40 buku diluar buku pelajaran yang diterima di sekolah. Jenis buku juga bervariasi mulai dari kebudayaan, sejarah, pengetahuan, fisika, matematika dan lainnya.

Gerakan budaya membaca ini, tambah dia, tak hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam kegiatan sehari-hari saja tapi juga akan dilomba di tingkat kota, kabupaten, propinsi maupun nasional.

“Usahakan setiap siswa membiasakan diri untuk membaca selama 15 menit sebelum mengikuti belajar di kelas dan diharapkan setiap hari Jumat semua siswa yang ada di SMP N 2 akan dilibatkan dalam gerakan membaca secara serempak di sekolah ini,” katanya. (Harlis)

Baca juga

Tinggalkan Komentar