MKKS SMK Kota Depok Gelar Bimtek Penggunaan ARKAS 4.0

by Redaksi
0 Komentar 228 Pembaca

Swara Pendidikan (Bogor) – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Depok menyelenggarakan Bimtek (bimbingan teknis) ARKAS versi 4.0 dan SIP-BPMU 2023  di Hotel Grand Diara, Bogor, Kamis – Jumat (21-22/9/23).

Kegiatan dihadiri dan dibuka oleh Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD)  Pendidikan wilayah II, Dr. Asep Sudarsono S.Pd., MM. Diikuti seluruh operator dan bendahara SMK negeri dan swasta se Kota Depok.

Arkas versi 4.0 merupakan sistem informasi yang memfasilitasi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, serta pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Adapun latar belakang diadakan Bimtek ini menurut Budiyanto (coordinator) Pengawas MKKS Kota Depok, dari awal bulan Agustus ARKAS versi 4.0 dirilis, banyak satuan Pendidikan belum bermigrasi ke versi tersebut, oleh karena itu diharapkan tujuan bimtek ini adalah adanya persamaan pemahaman mengenai ARKAS versi 4.0 ini.

Dia menambahkan, pengelolaan dana BOSP ini juga harus mengacu dengan Permendikbud No. 63 Tahun 2022, tentang Petunjuk Teknis dana BOSP Tahun 2023 dan Permendikbud No. 18 Tahun 2022 tentang Pengadaan Barang dan Jasa oleh Satuan Pendidikan, agar penyelenggaraan barang/jasa di satuan Pendidikan menggunakan aplikasi yang sudah ditetapkan menurut aturan tersebut.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini didapat pemahaman peserta mengenai aplikasi ARKAS versi 4.0 dan dapat langsung bermigrasi ke versi terbaru serta jumlah satuan pendidikan yang menggunaan aplikasi SIPLah meningkat,” pungkasnya. (gus)

Baca juga

Tinggalkan Komentar