Kwarran Sukmajaya Peringati HUT Pramuka Ke 61

by Redaksi
0 Komentar 226 Pembaca

SWARA PENDIDIKAN (SUKMAJAYA, DEPOK) – Gerakan Pramuka Kwartir ranting Kecamatan Sukmajaya pada Rabu (7/9/22) menggelar acara HUT Pramuka ke 61 dilapangan Taman Merdeka Depok 2 Tengah.

Kegiatan yang mengusung tema “Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa” dihadiri Camat Sukmajaya selaku Ka Mabiran, Kapolsek Sukmajaya, Danramil, pengawas, serta para Mabigus SD, SMP, SMA, dan SMK diwilayah Sukmajaya.

Ketua Kwarran Sukmajaya, Maman Sutarman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program Kwarran Sukmajaya ditingkat ranting yang diikuti kurang lebih 20 sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang ada di kelurahan mekarjaya.

“Sengaja tidak semua sekolah kami undang dikarenakan tempatnya yang tidak cukup untuk menampung semua sekolah yang ada diwilayah Sukmajaya, makanya kami undang hanya perwakilan saja. Ada 10 SD, 5 SMP, dan 5 SMA/SMK yang hadir pada peringatan HUT Pramuka ini,” ungkap  Maman Sutarman.

Maman menambahkan, acara ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan TPOD (tanda penghargaan Orang Dewasa) atau Pancawarsa kepada 15 orang Pembina atas pengabdiannya dalam kepelatihan kepramukaan di Kwarran Sukmajaya.

“Ada yang 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun, bahkan ada yang 40 tahun, seperti kak Enci. Tapi yang kita berikan penghargaan minimal yang sudah 5 tahun dalam kepelatihan kepramukaan,” ujar Maman Sutarman.

“Kalau Kak Enci kan sudah 40 tahun, beliau paling senior. Sudah 8 penghargaan diberikan.  Dan hari ini 15 pembina pramuka yang kita berikan penghargaan TPOD atau Pancawarsa 1-8,” lanjutnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan Pancawarsa ini, pengabdiannya terus sepanjang hidupnya untuk melatih pramuka,” katanya.

Dikatakan Maman, sesuai instruksi Ka Kwarcab, kedepannya setiap kecamatan harus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang selalu mengedepankan dasa darma dan tri satria kepada peserta didik.

Untuk program pramuka di Kwarran Sukmajaya sendiri, ujar Maman, akan ada Pramuka Garuda untuk penggalang, dimana anak itu dilihat dari prestasi kepramukaannya, baik keterampilannya, maupun wawasan kepramukaan.

“Kalau sudah Pramuka Garuda, InsyaAlloh mereka kedepannya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya dengan jalur prestasi ini.  bisa masuk SMP, SMA dan perguruan tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Sukmajaya, Fery Birowo selaku Ka Mabiran Kecamatan Sukmajaya dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka di setiap sekolah, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah merupakan kegiatan yang bertujuan mulia yaitu mendidik generasi muda melakukan hal-hal positif sesuai norma-norma di masyarakat, menyiapkan mental yang kuat dan kokoh untuk menjaga keutuhan NKRI.

Birowo menegaskan, kegiatan kepramukaan dirancang sebagai alat pendidikan bagi siswa dan siswi untuk generasi muda yang tangguh. Menjadi generasi perekat yang siap membangun NKRI. Dengan begitu setiap anggota pramuka akan memiliki moral, mental dan budi pekerti yang baik dan bijaksana. Akan menjadi manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI. Tumbuh dan kembangnya menjadi sosok yang berguna bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Dia juga berpesan kepada segenap anggota gerakan pramuka khususnya dilingkungan Kwarran Sukmajaya dan umumnya di Kota Depok agar terus berkreasi, berkarya dalam wadah gerakan pramuka.

“Isilah kegiatan pramuka dengan hal hal yang positif yang produktif. Karena yang saya yakini, generasi Indonesia adalah generasi yang unggul, hebat dan kreatif. Generasi petarung, bukan generasi pecundang. Ingatlah selalu himne pramuka bahwa pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,” tutur Fery Birowo mengakhiri sambutan. (harlis)

Baca juga

Tinggalkan Komentar