KADISPORA KOTABARU : OLAHRAGA KOTABARU HARUS KEMBALI BERJAYA

by Deddy@mier
0 Komentar 843 Pembaca
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotabaru, H. Ahmad Fitriadi F,SH.,M.Hum

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotabaru, H. Ahmad Fitriadi F,SH.,M.Hum

SWARA PENDIDIKAN.CO.ID (Kotabaru, Kalsel).  Prestasi olahraga Kotabaru yang mulai meningkat sekarang ini tidak luput dari peran serta dari pembinaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru. Terlebih atlet-atlet pelajar Kabupaten Kotabaru yang beberapa waktu lalu berhasil diajang Nasional maupun tingkat internasional. Terkait dengan hal itu, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru menyusun program untuk pengembangan pembinaan atlet-atlet yang ada di kabupaten Kotabaru. Salah satunya adalah mengirim kontingen ke Pekan Olahraga Pelajar Daerah yang beberapa waktu berlaga di Banjarmasin. Dispora juga bekerjasama dengan pengurus cabang olagraga karena pengcab – pengcab ini yang lebih berkompeten untuk melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet pelajar maupun umum, termasuk juga pihak-pihak sekolah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru, H. Ahmad Fitriadi F,SH.,M.Hum, yang dimintai wawancara eksklusif dengan Swara Pendidikan, menjelaskan bahwa kedepannya Dispora Kotabaru akan kembali menghidupkan BAPOPSI sebagai salah satu instrumens dalam meningkatkan kualitas dan pembinaan atlet-atlet muda potensial khususnya dari kalangan pelajar. Ini merupakan pembinaan lintas instansi antara Dispora, Diknas dan Kemenag. Kemenag dilibatkan karena atlet-atlet pelajar juga banyak yang berasal dari Madrasah Ibtidayah, Madrasah Tsanawiyah ataupun Madrasah Aliyah yang ada diwilayah wewenang Kementrian Agama.

Dispora Kotabaru sudah 2 kali mengirimkan kontingennya ke POPDA, tahun 2015 berhasil mendapat peringakat ke 3, kemudian tahun 2016 ini juga mengirimkan kontingennya dalam 7 cabang olahraga permainan. Dari hasil evaluasi ini maka dianggap perlu untuk kembali menghidupkan BAPOPSI untuk melaksanakan pembinaan atlet dimasa mendatang. Dispora Kotabaru setiap tahun menyiapkan anggaran untuk memfasilitasi atlet-atlet pelajar untuk mengikuti kejuaraan di POPDA. Pada tahun 2017 Dispora sudah mengusulkan anggaran untuk pembinaan atlet, sebelum atlet turun bertanding akan menjalani Pusat Pelatihan Kabupaten.

Atlet menembak Kotabaru , Vincent K Edison

Atlet menembak Kotabaru , Vincent K Edison

Ahmad Fitriadi juga menyebutkan ada 5 cabang olahraga unggulan Kabupaten Kotabaru, antara lain cabang olahraga menembak yang seperti sudah diketahui atlet menembak Kotabaru, Vincent K Edison adalah atlet menembak handal yang meraih medali emas. Selain itu cabang olahraga karate yang menyabet medali emas di turnamen internasional, Muhammad Irfansyah siswa kelas IX D SMPN 2 Kotabaru pada ajang Adidas Karate Championship and Training Camp di Filipina. Cabang Panjat Tebing juga menjadi unggulan cabang olahraga Kotabaru, yang baru-baru ini Sela Novitasari siswi kelas VI SDN Dirgahayu 7 Kotabaru menjadi juara 1 kejuaraan RSCC/ Regional Silva Climbing Competition se Kalimatan di katagori pelajar dan mahasiswa. Bola Basket juga cabang olahraga unggulan selain itu sepak takraw juga termasuk cabang olahraga unggulan meskipun akhir-akhir ini mengalami penurunan prestasi. Sedangkan cabang olahraga yang mulai naik daun adalah Taekwondo yang pada POPDA yang lalu kontingen Taekwondo Kotabaru meraih juara umum.

Atlet panjat tebing cilik peraih juara 1 turnamen RSCC se Kalimantan katagori pelajar dan mahasiswa

Atlet panjat tebing cilik peraih juara 1 turnamen RSCC se Kalimantan katagori pelajar dan mahasiswa

Menurut H. Ahmad Fitriadi, Kotabaru juga sudah membuat perda tentang penyelenggaraan keolahragaan, dan yang tida kalah penting adalah Dispora Kotabaru juga memfasilitasi pembangunan sarana dan prasarana olahraga. Beberapa perusahaan yang ada di Kotabaru juga ikut berpartisipasi dalam perkembangan olahraga di Kotabaru. antara lain, PT. Silo yang menjadi bapak angkat cabang olah raga bola basket, PT. Arutmin dan PT. Indocement Tunggal Perkasa Tbk Plant Tarjun. Bank Kalesl merupakan perbankan yang paling konsisten dalam kegiatan olahraga di Kotabaru yang setiap tahun mengadakan kejuaraan Futsal.

Kadispora Kotabaru juga merencanakan gelaran 20 cabang olahraga dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kotabaru tanggal 1 Juni 2016 mendatang. Baik cabang olahraga prestasi maupun cabang olahraga rekreasi masyarakat yang juga akan melibatkan para pelajar didalamnya. Dan untuk dibidang kepemudaan, Dispora Kotabaru memiliki 3 program yang akan dipasilitasi yaitu Kepemudaan yang berada dibawah KNPI Kotabaru, Pramuka dan Mahasiswa. Di Kotabaru terdapat 23 OKP dan 21 pengurus kecamatan KNPI, untuk Pramuka ada Gugus Depan disetiap sekolah serta ada juga instansi pemerintah yang memiliki Gugus Depan Pramuka. Untuk Mahasiswa Dispora sudah membentuk Perhimpunan Mahasiswa Kotabaru yang tersebar dibeberapa kota diluar Kotabaru. Disamping itu ada juga program Pengabdian Masyarakat dan Kreatifitas Pemuda, Dispora Kotabaru mendapat kegiatan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga untuk program PSP3 / Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan, yang saat ini sedang bertugas selama 1 tahun di Kabupaten Tanah Laut. Untuk di Kotabaru sendiri PSP3 ditempatkan di 11 desa di Kecamatan Pulau Laut Utara. Serta dalam waktu dekat akan ada kegiatan pertukaran Pemuda dan Pelajar ke luar negeri.

Tim bola basket Kotabaru bersama Kadispora Kotabaru

Tim bola basket Kotabaru bersama Kadispora Kotabaru

Kadispora Kotabaru, H. Ahmad Fitriadi F,SH.,M.Hum dalam statmen akhirnya menyampaikan ” Kita berharap agar olahraga di Kotabaru ini bisa berjaya seperti yang diharapkan oleh semua pihak, termasuk Pemkab dan masyarakat., dengan menghadirkan Dispora Kotabaru. Semua stakeholder, baik pemerintah, Koni, Pengcab, perusahaan, sekolah-sekolah yang memiliki atlet-atlet itu, agar bahu membahu bersama-sama untuk meningkatkan dan menumbuhkembangkan kembali kejayaan olahraga di Kotabaru ” ungkap H. Ahmad Fitriadi F, SH.,M.Hum mengakhiri wawancara eksklusifnya dengan Swara Pendidikan. (deddyamier)

Baca juga

Tinggalkan Komentar