Swara Pendidikan (Baleka, Depok) — Ratusan Kepala Sekolah se-Kota Depok mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi teknis implementasi Koding Kecerdasan Artifisial (KKA) yang digelar di Aula Serbaguna Lantai 10, Gedung Dibaleka II, pada Selasa (11/11/25).
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok untuk memperkuat kapasitas kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader) di era transformasi digital pendidikan.
Kepala Disdik Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, menjelaskan bahwa kepala sekolah saat ini tidak hanya berperan sebagai manajer pendidikan, tetapi juga harus mampu menggerakkan ekosistem sekolah menuju perubahan yang berkelanjutan.
“Dalam konteks kemajuan teknologi informasi, kepala sekolah dituntut untuk beradaptasi, berinovasi, dan mengintegrasikan teknologi dalam seluruh aspek pembelajaran serta tata kelola sekolah. Mulai dari perencanaan berbasis data, administrasi digital, hingga pembelajaran berbasis Artificial Intelligence dan KKA,” ujar Siti.
Menurutnya, penerapan Koding Kecerdasan Artifisial bukan sekadar proyek teknologi, tetapi merupakan strategi menyiapkan peserta didik agar siap menghadapi dunia yang semakin digital, kreatif, dan dinamis. Dunia yang menuntut literasi data, literasi teknologi, serta literasi manusia.
“Teknologi hanya akan bermakna apabila diarahkan untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan. Integrasi KKA tidak hanya membekali anak-anak dengan kecakapan digital, tetapi juga memperkuat karakter Pancasila sebagai fondasi moral dan jati diri bangsa,” jelasnya.
Siti berharap, melalui pelatihan ini seluruh kepala sekolah dapat memahami secara teknis implementasi KKA sebagai bagian dari transformasi digital sekolah, memperkuat kepemimpinan berbasis nilai Profil Pelajar Pancasila, serta mengembangkan budaya inovatif yang berakar pada pendidikan karakter.
“Melalui kegiatan ini, saya mengajak seluruh tenaga pendidik untuk mewujudkan sekolah berkarakter, adaptif, dan berdaya saing digital,” tandasnya.
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para peserta yang menilai pelatihan KKA sangat relevan dengan tantangan pendidikan masa depan dan mendukung penguatan kapasitas kepala sekolah dalam memimpin perubahan di era digital. (Amr)




