Beranda » INFO UTAMA » Klik Pendidikan » 8 Aturan Baru PPDB 2021 Jenjang SD Hingga SMK Yang Wajib Anda Ketahui

8 Aturan Baru PPDB 2021 Jenjang SD Hingga SMK Yang Wajib Anda Ketahui

by Redaksi
0 comment 288 Pembaca

PPDB 2021

Swara Pendidikan.co.id (Info Sekolah) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Peraturan Mendikbud No. 1 Tahun 2021 menetapkan delapan aturan baru dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Berikut 8 Aturan Baru PPDB 2021 jenjang SD hingga yang wajib anda ketahui

Pertama, perubahan batas usia SD minimal tujuh tahun dan presentase jalur zonasi SD 70 persen.

Kedua, pemerintah daerah (Pemda) bisa melibatkan sekolah swasta dalam PPDB yang mekanismenya diserahkan kepada pemda masing-masing.

Ketiga, perpindahan kuota penyandang disabilitas dipindahkan dari jalur zonasi ke afirmasi. Dengan begitu, penyandang disabilitas lebih leluasa memanfaatkan kuota yang lebih besar untuk jalur afirmasi, yakni minimal 15 persen.

Keempat, peserta PPDB tidak lagi bisa menggunakan surat keterangan domisili (SKD) sebagai pengganti Kartu Keluarga dalam persyaratan seleksi. SKD hanya diizinkan untuk kondisi tertentu, misalnya pada peserta yang terdampak bencana.

Kelima, jalur prestasi pada jenjang SMP, SMA dan seleksi SMK tidak lagi menggunakan nilai ujian nasional (UN), melainkan diganti dengan nilai rapor yang dilampirkan surat keterangan peringkat rapor dari sekolah asal.

Keenam, jalur perpindahan tugas orang tua memanfaatkan sisa kuota yang dapat dialokasikan sekolah tempat orang tua atau wali mengajar maksimal 5 persen.

Ketujuh, jenjang SMK harus memprioritaskan jalur afirmasi dan disabilitas minimal 15 persen dari kuota dan zonasi sekitar sekolah maksimal 10 persen kuota.

Kedelapan, jika daya tampung sekolah pada wilayah zonasi peserta tidak tersedia, maka peserta bisa disalurkan ke sekolah di luar wilayah zonasi atau pemerintah daerah terdekat.

Untuk pendaftaran PPDB jalur zonasi, domisili calon peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi, merujuk alamat pada Kartu Keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun.

Demikian penjelasan 8 Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK yang wajib anda ketahui. (agus)

Tinggalkan Pesan

Artikel Terkait