Swara Pendidikan (Sawangan, Depok) – 11 siswa SMP Muhammadiyah 29, Cinangka mengikuti Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Depok yang berlangsung selama dua hari, pada Selasa dan Rabu, 17–18 Juni 2025.
Para peserta terpilih setelah melalui seleksi internal di tingkat sekolah. Mereka akan berkompetisi dalam tiga bidang lomba, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rinciannya, 4 siswa mengikuti bidang IPA, 4 siswa di bidang Matematika, dan 3 siswa di bidang IPS.
Waka Bidang Kesiswaan sekaligus Ketua Pelaksana OSN internal sekolah, Windawati, S.Pd menyampaikan dukungannya terhadap para peserta. Ia berharap seluruh siswa dapat menunjukkan performa terbaik dan melangkah ke tahap selanjutnya, hingga ke tingkat provinsi dan nasional.
“Seleksi ini merupakan ajang yang sangat penting bagi para siswa untuk mengukur kemampuan mereka di bidang sains, sekaligus membangun semangat berkompetisi secara sehat dengan siswa lain dari berbagai sekolah di Kota Depok,” kata Windawati kepada Swara pendidikan, Rabu (18/6/2025).
Ia menjelaskan, seluruh peserta telah menjalani pembinaan intensif selama beberapa bulan terakhir. Bimbingan diberikan baik dalam bentuk teori maupun praktik, guna meningkatkan kemampuan dan kesiapan siswa secara maksimal.
“Kami telah memberikan pelatihan secara rutin, dengan melibatkan guru pembina yang kompeten. Semoga usaha dan kerja keras mereka dapat membuahkan hasil terbaik,” terangnya.
Salah satu peserta, M. Daib Aidin Hakim, mengungkapkan optimisme dan semangatnya dalam mengikuti ajang bergengsi tersebut. “Saya sudah mempersiapkan diri dengan baik dan siap menghadapi tantangan di OSN. Semoga saya bisa memberikan penampilan terbaik dan lolos ke tingkat berikutnya,” ungkap Daib penuh antusias.
Sebagai informasi, OSN merupakan kompetisi tahunan berskala nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuan dari ajang ini adalah untuk menjaring siswa-siswa berprestasi di bidang sains dan teknologi, serta mendorong pengembangan potensi peserta didik secara optimal. (Amr)