DPAMK Kota Depok Gelar Sanlat Lansia

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok, Bunda Elly Farida

Kepala DPAMK, Nessi Annisa Handari

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Ratusan orang tua lanjut usia (lansia) yang tersebar di 11 Kecamatan Kota Depok mengikuti pesantren kilat Ramadhan yang diselenggarakan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAMK) di aula Perpustakaan Kota Depok, selasa (28/5/19).

Peskil Ramadhan yang bertajuk “Jemput Usia Senja dengan Sehat,  Mandiri dan Produktif” di hadiri Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok,  Bunda Elly Farida dan Kepala DPAMK, Nessi Annisa Handari.

“Ada sekitar 100 lansia yang tersebar di 11 kecamatan yang ikut pesantren kilat lansia ini yang rata-rata usianya di atas 60 tahun,” ungkap Kepala DPAMK, Nessi Annisa Handari. Kepada media.

“kita ingin diusia yang sudah sepuh ini, mereka tetap produktif dan mandiri,” sambungnya.

“Materinya terkait dengan kesehatan, bagaimana mereka tetap bisa beraktifitas meski dalam kondisi puasa. Selain itu para lansia ini juga diberikan pemahaman bagaimana mempersiapkan secara mental saat memasuki masa lansia, sehingga diharapkan tidak menjadi beban bagi keluarga. Tetapi sebaliknya, para lansia ini memiliki fungsi yang bisa membangun keluarga menjadi keluarga berketahanan. Bisa menjadi seorang kakek atau nenek yang tangguh, bijak, dan solusi bagi cucunya. Juga bisa menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya yang memiliki berbagai permasalahan. jadi di sanlat ini mereka diajarkan bagaimana menjadi lansia yang tangguh, bijak dalam menghadapi berbagai macam permasalahan,” papar Nessi.

Bunda Elly bersama peserta sanlat lansia

Sebelumnya Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok,  Bunda Elly Farida dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa rata-rata para lansia yang ada di Kota Depok mencapai 74 Tahun. Karena itu dirinya berharap kepada kader PKK yang ada di Kota Depok untuk memberikan perhatian lebih, terutama dari segi kesehatannya.

“Ini juga menjadi tanggung jawab kader PKK untuk menjemput bola dalam hal kesehatan lansia. Sehingga mereka merasakan kehadiran dan fungsi dari PKK,” harap bunda Elly. (gus)

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Depok, Bunda Elly Farida bersama peserta sanlat lansia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.