XL Axiata Jaga Kualitas Jaringan Selama Pemilu 2024

by Redaksi
0 Komentar 25 Pembaca

Swara Pendidikan (Jakarta)- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang berkualitas guna sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk hari coblosan pada Rabu (14/02). Meskipun tidak ada persiapan khusus, namun XL Axiata bertekad untuk menjaga jaringan agar pesta demokrasi tersebut bisa dinikmati secara maksimal oleh pelanggan dan masyarakat secara umum. Kesiapan jaringan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan jaringan dan pengalaman pelanggan yang terus-menerus dilaksanakan oleh XL Axiata di sepanjang tahun.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas yang mencukupi untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan trafik di moment pemilu tersebut. Yang pasti, kenyamanan dan kelancaran aktifitas komunikasi pelanggan dan masyarakat menjadi perhatian dan prioritas kami.

“Harapan kami, jika terjadi lonjakan trafik, layanan tetap berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.” kata I Gede Darmayusa. Rabu (7 Februari 2024).

I Gede menambahkan perkiraan selama pesta demokrasi tersebut akan terjadi peningkatan trafik sekitar 10%, dibandingkan kondisi normal hari biasa. Petugas dan tim jaringan XL Axiata akan siap siaga (standby) di lapangan maupun dari pusat pemantauan Customer Experience & Service Operation Center (CE&SOC) milik XL Axiata di Jakarta. Antisipasi jika terjadi kondisi darurat juga sudah disiapkan untuk memastikan jaringan yang berkualitas.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 158 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Kesiapan jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh

XL Axiata juga telah menyiapkan jaringan untuk mengantisipasi terjadi lonjakan trafik data selama masa perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Diprediksi, kenaikan trafik akan terjadi terutama di kota-kota besar antara lain Kota Mataram (7%), Kota Denpasar (7%), Kota Yogyakarta (7%), Kab. Badung (7%), dan Kota Pontianak (6%).

XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, penginapan, tempat ibadah, serta pusat perbelanjaan. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming, seperti film, musik, dan gim, secara umum diprediksi mengalami peningkatan. Selain itu, layanan seperti Video Call, Web Browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.**

Baca juga

Tinggalkan Komentar