Walikota Depok Resmikan Layanan DCOR

by Redaksi
0 Komentar 365 Pembaca

Wali Kota Depok, Dr. KH. Mohammad Idris, MA meresmikan pembangunan layanan Depok City Operations Room (DCOR) di lantai 5, Gedung Balai Kota Depok, Rabu (23/01/19).

Swara Pendidikan.co.id (DEPOK) – Wali Kota Depok, Dr. KH. Mohammad Idris, MA meresmikan pembangunan layanan Depok City Operations Room (DCOR) di lantai 5, Gedung Balai Kota Depok, Rabu (23/01/19).

DCOR merupakan pusat kendali terpadu dan terintegrasi terhadap berbagai pelayanan publik, mengendalikan, memantau, mengawasi serta menerima berbagai data dan informasi yang  berbasis teknologi.

“DCOR ini adalah salah satu program penerapan salah satu misi Kota Depok, yaitu menyelenggarakan pelayanan publik yang profesional dan transparan,” papar Walikota Depok, M. Idris

Menurut Idris, pembangunan DCOR tersebut, bukan hanya sekedar mewujudkan kebutuhan hidup modern saja, melainkan kelancaran komunikasi.

“Substansinya dari program ini adalah untuk kelancaran komunikasi, kemudahan dan juga ketepatan. Sehingga tidak hanya dari pihak yang melayani publik, tapi juga dari pihak yang dilayani harus juga kita cerdaskan,” ujarnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono ikut menjelaskan, bahwa sasaran dari layanan DCOR adalah dalam rangka menyempurnakan pelayanan publik, baik itu pelayanan publik keluar, maupun untuk mempermudah pelayanan publik ke dalam.

“Layanan DCOR ini, juga sebagai pusat kendali Kota Depok, yaitu dengan cara mengakses data yang telah terhubung dengan berbagai pihak terkait,” kata Sidik.

Sidik menjelaskan,  ruang kendali ini dioperasikkan oleh 12 operator. “Empat operator panggilan darurat 112, satu operator Satpol PP, satu operator Dinas Perhubungan (Dishub), satu operator Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, satu operator pengelola informasi, dua operator pelayanan 119, dan dua orang operator Call Center,” jelasnya.

Sidik berharap, pada pembangunan tahap kedua, seluruh layanan berbasis teknologi informasi (TI) di berbagai Perangkat Daerah (PD) dapat dipadukan dalam DCOR.

“Semua itu, guna mempercepat dan mempermudah penanganan berbagai permasalah yang dilaporkan oleh masyarakat,” tandasnya. (gus)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono memberikan penjelasan kepada Walikota beberapa fungsi  layanan DCOR

Baca juga

Tinggalkan Komentar