Wakil Walikota Ajak ASN Pemkot Depok Berpartisipasi Memilah Sampah

by Redaksi
0 Komentar 43 Pembaca

Swara Pendidikan (Balaikota, Depok)- Dalam upaya mengurangi volume sampah terutama sampah plastik di Kota Depok, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menyerukan seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Depok agar berpartisipasi dalam program pemilahan sampah.

“Misalkan,  mungkin nanti Pak Walikota membuat suatu keputusan, setiap hari Jumat atau bahkan setiap hari semua ASN membawa sampahnya ke kantor untuk menunjukan  semua ASN sudah memilah sampah. Nanti, tinggal DLHK menyiapkan tempatnya saja,” kata Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono dalam sambutan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Depok 2024 di halaman Balaikota Depok,pada Rabu pagi, 21 Februari 2024.

Wakil Walikota berharap peringatan HPSN tingkat Kota Depok 2024 bukan sekedar acara seremonial, tetapi harus ditindak lanjuti dengan kegiatan nyata diantara pemilahan sampah.

“Sampah bukanlah musibah, tetapi sampah membawa berkah bagi masyarakat. Bayangkan saja  orang Madura dan para komunitas bank sampah sudah memanfaatkan sampah dengan menjual sampah un-organik seperti plastik,” ujar IBH sapaan akrab Wakil Walikota Depok itu.

Menurut Imam, pemerintah tidak mungkin bisa bergerak sendiri tanpa bantuan atau partisipasi aktif dari masyarakat. “Kami menyarankan didalam setiap rumah terdapat seorang duta sampah, hal ini bisa membantu mengurangi volume sampah di Kota Depok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Abdurrahman mengatakan untuk mempercepat pengurangan volume sampah secara massif, pihaknya akan bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

“Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) telah sukses dengan kegiatan D’Sunting Menara, sehingga Kota Depok memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat sebagai kota paling rendah kasus stunting,” kata Abdurrahman, yang biasa disapa Abra.

Selanjutnya, kita akan bekerjasama dengan PKK setelah sukses dengan program D’ Sunting Menara, nantinya pemilahan sampah dengan PKK bersama para kadernya.

Sementara untuk ASN, lanjut Abra, instansi akan menyiapkan stasion penampungan sampah yang dibawa ASN ke kantornya. “Kita akan siapkan stasion pembuangan sampah yang dibawa ASN ke kantornya,” ucapnya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Kemitraan DLHK Kota Depok, Ardan Kurniawan berharap kepada Masyarakat, hendaknya melakukan pemilahan sampah dari rumah masing-masing secara kontinue.

“Pemilahan sampah harus dimulai dari sumbernya, yakni masyarakat atau keluarga, sehingga program pemilahan sampah dari rumah untuk mengurangi sampah di Kota Depok akan sukses terlaksana,” tandasnya.

Sebagai informasi, Peringatan HPSN tingkat Kota Depok dihadiri para camat se Kota Depok, diantaranya: Camat Cipayung, Hasan Nurdin, Camat Cilodong, Zaenal Arifin, Camat Cimanggis, Doddy Setiawan, Camat Sukmajaya, Wiyana, Camat Tapos Abdul Mutolib, Camat Beji, Endar Pradesa, hadir pula Sekcam Cilodong, Supriatun dan Sekcam Tapos, Tri Sutanto. (Jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar