UPTD SDN Pondokcina 3 Gelar Market Day

by Redaksi
0 Komentar 381 Pembaca

Oleh: Eni Yuhaeni, S.Pd

 

Salah satu program yang ada pada jadwal tentatif SDN Pondokcina3 adalah kegiatan Market Day. Program Market Day ini bertujuan untuk melatih peserta didik belajar menjual berbagai hasil karya peserta didik, baik kerajinan,  makanan dan minuman sehat  dari wali murid dan mendidik anak  mengembangkan jiwa  entrepreneur serta  penguatan karakter.

Hal ini dilakukan karena SDN Pondokcina 3 untuk tahun pelajaran yang akan datang (2023-2024) mendapat kepercayaan sebagai Sekolah Penggerak. Kepala Sekolah sebagai motor penggerak beserta seluruh warga sekolah harus siap mengemban kepercayaan yang telah diterima.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada  pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup  kompetensi  literasi, numerasi dan karakter. Hal ini sesuai dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ada pada kurikulum Merdeka.

Langkah yang kami ambil dalam penyusunan kurikulum terutama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)  adalah berdiskusi dengan melihat tema – tema yang ada di setiap kelas pada kurikulum K13, kemudian menjabarkannya.sesuai tahapan dan fasenya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah suatu hal  baru sehingga masih banyak yang harus kami pelajari yang  dalam pelaksanaannnya membutuhkan kerjasama dengan semua warga sekolah khusunya orang tua murid.

Peran guru dan orang tua murid sangat penting sebagai fasilitator dan motivator.  Bagaimana guru kelas mensosialisasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kepada murid dan orang tua? Tentu tidak mudah. Pada awal masuk tahun pelajaran, guru kelas memaparkan Tema dari Projek P5, menjelaskan maksud, tujuan, manfaat dan  kegiatan apa saja  yang akan dilaksanakan  dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  ( P5) sesuai dengan tahapan – tahapannya.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SDN Pondokcina 3 dengan tema “Kewirausahaan melalui kegiatan Market Day, mendapat sambutan positif, dari sejak awal proses anak-anak sudah mengetahui hasil akhir dari Projek yaitu menampilkan, mempromosikan, menawarkan, menjual dan melaporkan. Intinya melatih peserta didik berjiwa  entrepreneur.

Setiap peserta didik mendapat tugas sesuai hasil diskusi kelompoknya.. Ada empat  poin penting dalam pelaksanaan Market Day di SDN Pondokcina 3.

Pertama, menampilkan tarian, puisi, hapalan surat dalam Al Quran.

Kedua, memamerkan, mempromosikan dan menjual  hasil prakarya anak.

Ketiga, mempromosikan dan menjual hasil  kuliner dari tiap kelompok dan,

Keempat, lomba menghias kelas yang bertujuan untuk menciptakan  suasana belajar   yang lebih menyenangkan dan bersemangat.

Peserta didik sangat antusias menyambut kegiatan Market Day, mereka berperan sebagai kasir, sales, dengan senang hati menawarkan hasil karya kepada pengunjung, walaupun cuaca mendung tetap semangat.

Ibu Kepala Sekolah Aisyah S.Pd.SD.dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyapaikan harapan serta tujuan dari kegiatan Market day, dilanjutkan sambutan dari Pengawas Ibu Hj Ida Nurlaela, S.Ag.M.M.

Acara  dimulai jam 07.00 sampai jam 11.00 WIB, sederhana tapi meriah. Ada sebelas stand mulai kelas satu hingga kelas enam,  semua  dagangannya ludes  terjual.  Alhamdulillah acara berjalan lancar berkat dukungan dan partisipasi semua pihak.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila semester satu sudah dilaksanakan sesuai rencana.  Peserta didik mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sesuai dengan tahapan dan kebutuhannya, dengan melakukan aksi nyata,  membuat laporan kegiatan Market Day sesuai petunjuk guru dan dikumpulkan.

Kegiatan ini adalah pengalaman pertama, kami masih harus terus belajar dan membutuhan masukan serta saran sebagai bahan evaluasi dan umpan balik untuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selanjutnya, hingga sampai pada penghujung yaitu Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Salam sehat dan semangat untuk rekan seperjuangan, saling memotivasi dalam kebaikan,  Semoga kita  selalu berada dalam Lindungan Allah SWT. Aamiin. **

Kegiatan Market Day  UPTD SDN Pondokcina 3


Penulis: 

Eni Yuhaeni, S.Pd (Guru SDN Pondokcina3)

Baca juga

Tinggalkan Komentar