Upacara Pedang Pora Iringi Pelepasan Siswa Kelas VI SDN Sugutamu

by Redaksi
0 Komentar 108 Pembaca

Swara Pendidikan  (Sugutamu, Depok) – SDN Sugutamu di Jl. Moh Nail, RT 02 / RW 22, Bakti Jaya, Sukmajaya, Depok menggelar acara pelepasan siswa kelas VI angkatan 50, tahun ajaran 2023-2024, dihalaman sekolah. Sabtu (22/06/24).

Pelepasan siswa kelas VI diawali dengan pra acara pentas seni oleh siswa siswa kelas 1-5, sekaligus kegiatan gebyar akhir tahun dan Panen raya gelar karya. Dilanjut dengan upacara pedang pora sebagai penghantar dalam prosesi pelepasan dan kelulusan menuju  jenjang pendidikan ke tingkat berikutnya.

Rangkaian pedang pora berbentuk gapura yang dibentuk dari hunusan pedang bertandakan sang perwira.

Kepsek SDN Sugutamu, Triyana Peni, S.Pd mengatakan, prosesi pelepasan siswa dengan upacara pedang pora, dimaknai bahwa siswa siswi yang telah lulus dikelas 6, mereka akan menempuh kehidupan yang baru dengan jenjang pendidikan selanjutnya.

“Pesan ibu, banyak terjadi rintangan dan tantangan yang harus dihadapi baik semasa mengikuti pendidikan maupun dalam melaksanakan tugas sehari-hari dalam kehidupan yang akan datang. Namun semua rintangan dan tantangan akan dihadapi dan dapat diselesaikan dalam menempuh kehidupan yang baru dapat tercapai dengan kesuksesan dan kebahagiaan,” pesan Triyana Peni kepada siswa lulusan angkatan 50.

Hadir diacara pelepsasn siswa, Pengawas Sekolah Gugus 4, para tokoh masyarakat, RT RW, Babinsa, dan Bimas Polsek Sukmajaya. (CP)

Baca juga

Tinggalkan Komentar