Untuk Masuk SMP Negeri, Siswa Lulusan SDN Mekarjaya 11 Pilih Jalur Prestasi Ketimbang Zonasi

by Redaksi
0 Komentar 358 Pembaca

Kepala SDN Mekarjaya 11, Hj Nana Marlina disambut dan dikawal para penari Lengser di Balai Rakyat Depok II Tengah pada Senin, 24 Juni 2024.

Swara Pendidikan (Sukmajaya, Depok)- SDN Mekarjaya 11 tahun ini meluluskan 100 persen dari 135 siswa-siswi kelas 6 tahun ajaran 2023/2024, namun untuk bisa diterima di SMP negeri para lulusannya menggunakan jalur prestasi akademik dan non-akademik ketimbang jalur zonasi.

Hal itu diungkapkan Kepala SDN Mekarjaya 11, Hj Nana Marlina M.Pd di acara pelepasan 135 siswa-siswi kelas 6 tahun ajaran 2023/2024 bertajuk “Terbang tinggi menggapai impian sambut masa depan yang berkilauan” di Balai Rakyat Depok II Tengah pada Senin, 24 Juni 2024.

“Para siswa-siswinya untuk bisa diterima di SMP negeri tidak menggunakan jalur zonasi, karena lokasi SDN Mekarjaya 11 dengan SMPN 4, 22 apalagi SMPN 3 berjarak cukup jauh,” kata Hj, Nana.

Untuk bisa masuk ke SMP – SMP Negeri itu, sambungnya,  anak-anak akan menggunakan jalur prestasi non-akademik dan akademik. Kalau melalui jalur zonasi anak-anak  terpental karena jaraknya jauh.

Lebih lanjut Hj Nana Marlina berharap para lulusan di mana pun berada agar senantiasa menjaga nama baik sekolah dan keluarga, juga mampu menunjukan karakter baik dimanapun berada.

”Tunjukan sikap-sikap yang baik dan terpuji di mana pun kalian berada. Selama enam tahun kalian sudah dididik, ditanamkan nilai-nilai sikap kejujuran, tanggungjawab, kerjasama. Dan yang tidak kalah pentingnya harus punya sikap empati dan simpati kepada siapapun,” tuturnya.

Acara pelepasan berlangsung meriah, diawalii acara penyambutan oleh sejumlah penari terhadap rombongan kepala sekolah dan dewan guru memasuki arena acara.  Kemudian acara dimeriahkan pula dengan sajian hiburan, diantaranya kepiawaian seorang siswa kelas 6 dalam bermain piano solo, dan siswi lain melantunkan tembang bernuansa Sunda.

Hadir turut menyaksikan, Koordinator Pengawas (Korwas) Pembina SD Kecamatan Sukmajaya, Khuswatun Hasanah M.Pd dan Ketua K3S Kecamatan Sukmajaya, Arif Suryadi M.Pd.

Dalam sambutannya, Koordinator Pengawas (Korwas) Pembina SD Kecamatan Sukmajaya, Khuswatun Hasanah M.Pd memberi apresiasi dan kagum atas prestasi-prestasi baik akademik maupun non-akademik yang ditorehkan para siswa-siswi SDN Mekarjaya 11.

“Di ajang Lomba-Lomba Pendidikan  tahun 2024 terdapat 24 mata lomba, hampir semua mata lomba itu para siswa dan siswi SDN Mekarjaya 11 meraih juara,” kata Khuswatun Hasanah.

Acara pelepasan diakhiri pencopotan atribut sekolah, pengalungan, penyerahan siswa kepada orangtua dan sungkeman anak-anak kepada orangtua di tempat duduk masing-masing. (Jaya)

Baca juga

Tinggalkan Komentar