TK Islam Ananda Kenalkan Pramuka Prasiaga Melalui Kids Camp

by Redaksi
0 Komentar 63 Pembaca

Swara Pendidikan (Cibinong, Bogor)- Puluhan siswa Taman Kanak Kanak (TK) Islam Ananda terlihat gagah dan anggun dengan seragam Pramuka. Tingkahnya yang polos, penuh keceriaan, mereka riang gembira mengikuti rangkaian kegiatan perkemahan Jum’at (Perju) yang diselenggarakan pihak Sekolah. Jum’at (19/1/24).

Tidak hanya anak yang semangat, para orangtua pun sangat antusias menyiapkan alat yang dibutuhkan seperti tenda, alat grill.dan lain sebagainya.

Acara bertajuk  Kids Camp, “menjadi anak Mandiri, Pemberani, dan Ceria” merupakan kegiatan dalam upaya memperkenalkan nilai-nilai Pramuka.

Menurut Kepala TK Islam Ananda, Tiara Tri Handayani, M.Pd berbagai rangkaian acara dari pagi sampai sore telah disusun agar kegiatan Kids Camp menarik, dan tidak membuat anak-anak bosan.

“ Mulai dari Latihan dasar Kepramukaan pra siaga (Berdiri siap, Berbaris lurus, hormat, bercakap-cakap, tanya jawab, bertepuk dan bernyanyi, permainan dan kegiatan kebersamaan , Sholat berjama’ah, kemudian memasak dan makan bersama,dan lainnya,” tuturnya.

Pramuka prasiaga merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi membentuk siswa sebagai manusia yang berkarakter sangat baik.

Tiara menjelaskan tujuan dari kegiatan Kids Camp untuk melatih Keberanian, Kemandirian, Kesabaran, Kedisiplinan, Konsentrasi, Kerjasama dan Kekompakan, Menumbuhkan rasa saling menyayangi, dan berbagi.

“Sebagai media untuk pembinaan anak usia dini, menjadi generasi yang inovatif, kreatif, terampil dan tangkas,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Prasiaga adalah singkatan dari “pra siaga” menggambarkan fase awal dalam perjalanan mereka sebagai pramuka muda. Inilah saat-saat pertama yang mereka lalui untuk menjadi sosok pemberani dan tangguh. Pra siaga adalah anak yang belum berusia 7 tahun yang diberikan pengenalan tentang nilai-nilai kepramukaan.

Tiara mengaku sebelum kegiatan Kids Camp dilaksanakan, beberapa waktu lalu dirinya bersama para kepala TK dan guru se-kabupaten Bogor mengikuti Orientasi Teknis (Ortek) Pramuka prasiaga yang diadakan oleh IGTK  kabupaten Bogor.

“Saya membuat kegiatan seperti ini karena sudah belajar terlebih dahulu,”ucapnya

Tiara berharap dengan adanya kegiatan Kids Camp ada perubahan sikap dan prilaku anak. “Anak bisa lebih memahami bagaimana situasi dan kondisi jika lebih lama bersama orang lain, anak memiliki jiwa petualang, serta mencintai lingkungan sekitar dan alam semesta,” harapnya.

Tak lupa, Tiara bersyukur atas terselenggaranya acara Kids Camp dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah support.

“Terimakasih kepada para orangtua dan  pembina Pramuka Prasiaga atas semua dukungan dan bantuanya,” ucapnya.  (NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar