Beranda » KABAR SEKOLAH » Tingkatkan Kompetensi Guru, SMPN 8 Depok Gelar Workshop Semester Genap

Tingkatkan Kompetensi Guru, SMPN 8 Depok Gelar Workshop Semester Genap

by Redaksi
2 comments 210 Pembaca

Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Depok, Joko Soetrisno, S.Pd, M.Pd dihadiri Kepala SMPN 8 Depok, Drs. Antoni, M.Pd serta Pengawas Pembina SMPN 8 Depok, Dra Titik Sugihartilawati Dewi, MM.

Swara Pendidikan.co.id (Cimanggis, Depok) – Sebagai pendidik, apalagi menghadapi Generasi Z di abad 21 ini. Pendidikan kita mengalami pergeseran perkembangan pola pendidikan kepada kemajuan teknologi dan globalisasi yang berkembang terus menerus.

Setiap guru diharapkan tidak hanya bisa pintar mengajar dengan baik, melainkan guru professional juga harus mampu menjadi pembelajar dan pendidik yang berorientasi kepada kemajuan sekolah.

Selain dituntut untuk mampu menjalin dan mengembangkan hubungan guna peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya. Guru juga membutuhkan pengembangan profesional yang efektif melalui pembimbingan.

Mengawali tahun 2022, selama dua hari, Rabu-Kamis (5-6/1/22), SMPN 8 Depok menggelar Workshop “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan dan Penggunaan Aplikasi”, di aula SMPN 8 Depok.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 60 tenaga pendidik dari internal sekolah, dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Depok, Joko Soetrisno, S.Pd, M.Pd dihadiri Kepala SMPN 8 Depok, Drs. Antoni, M.Pd serta Pengawas Pembina SMPN 8 Depok, Dra Titik Sugihartilawati Dewi, MM.

Kegiatan workshop diikuti sebanyak 60 tenaga pendidik dari internal sekolah

Hari pertama, Dra Titik Sugihartilawati Dewi, MM menyampaikan materi tentang pengunaan aplikasi akunbelajar.id

Dikatakan Titik Sugihartilawati Dewi, akunbelajar.id ini berisi beragam aplikasi dan beragam fitur. Dengan kapasitas  5 Tera, akunbelajar.id bisa dimanfaatkan setiap guru untuk menyimpan data administrasi mengajar tanpa khawatir hilang, seperti halnya jika disimpan di komputer atau laptop.

Selain itu juga dipaparkan materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Literasi dan Numerasi. Penguatan materi dalam menulis RPP Literasi dan Numerasi. Di akhiri dengan tugas analisis butir soal untuk hasil penilaian anak-anak di Semester Ganjil.

Hari kedua workshop, salah satu peserta diminta untuk menjabarkan tentang RPP Literasi dan Numerasi dan pembahasan pertama tugas analisis butir soal.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan beberapa guru SMP Negeri 8 Depok oleh Kepala SMP Negeri 8 Depok Drs. Antoni, M.Pd yang pindah tugas di sekolah baru. **

 

Penulis :

Salwa Nurul Janah, S.Pd.I (Guru SMP Negeri 8 Depok)

Tinggalkan Pesan

2 comments

Anonymous 11/01/2022 - 6:29 am

Kereeeeen bu Salwa… Jazakillah tulisannya

Reply
Anonymous 11/01/2022 - 1:39 pm

Kerenn

Reply

Artikel Terkait