TANTANGAN UNBK PADA FAKTOR ALAM

by syahrul
0 Komentar 285 Pembaca

Kepala MTs Al-Husna Edi Suhaedi didampingi Panitia UNBK 2017

Swara Pendidikan.co.id – (Depok)

Hasil Pemantauan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS tahun ajaran 2016/2017 dikota Depok berlangsung serentak secara nasional yang dimulai dari Selasa (2/5) terlaksana sesuai rencana juknis UNBK.

Namun tingkat kehawatiran secara umum pada pelaksanaan UNBK disebabkan faktor alam yang dapat mengganggu saat berlangsung UNBK yang berbasis jaringan internet.

Kepala MTs YPPD Widianto

Menurut Kepala MTs Al – Husna Edi Suhaedi pelaksanaan UNBK pertama kali dari hari pertama sampai hari kedua berlangsung tertib dan lancar,”Alhamdulillah dari jumlah 165 siswa pelaksanaan UNBK dibagi menjadi 3 Sessi tahap pertama pagi, kedua menjelang siang, dan siang menjelang sore berlangsung lancar,”ujarnya Edi.

“Yang masih dikhawatirkan sinyal dari jaringan internet, sebab cuaca tidak menentu diiringi hujan dan petir tentunya dapat mempengaruhi frekwensi sinyal,”tukas Edi.

Ia berharap upaya gigih guru dan para siswa peserta ujian dapat berlangsung sesuai rencana UNBK dan dibantu doa keikhlasan semua pihak sehingga berlangsung aman tanpa kendala yang berarti,”harap Edi.

Sebelumnya Kepala MTs YPPD Widianto dan Kepala SMP Al – Muhajirin Irmi secara terpisah mengungkapkan selain kesiapan pihak sekolah yang sudah berusaha maksimal dengan memenuhi fasilitas UNBK tahun 2017 pada kali pertama pelaksanaan secara serentak,dan itu seharusnya diiringi berbagai persiapan yang lain dari pihak pengambil kebijakan.

“Tantangan secara teknis sudah kita lalui dan tentunya tantangan alam seperti cuaca harus dapat disiasati dengan berbagai sistem yang memudahkan siswa untuk diikuti agar saat UNBK tidak terganggu,”ungkap Widi.

“Kalau tiba – tiba error karena jaringan khawatir menggangu konsentrasi siswa dan tentunya proktor  bekerja kedua kali, tapi sampai saat ini dengan diiringi doa untuk kelancaran UNBK dapat terlaksana dengan lancar,”ujar Widi.

Bergantian, Kepala SMP Al – Muhajirin Irmi mengatakan,”walaupun UNBK bukan penentu kelulusan dan untuk persiapan kejenjang berikut,

Kepala SMP Al Muhajirin Irmi

tetapharus maksimal, agar bisa berdampak kedisiplinan siswa untuk menuntut ilmu,”pungkas Irmi.

Sementara itu pelaksanaan UNBK selain didampingi proktor yang bertugas untuk maintenance dan membantu mengakses jaringan UNBK yang langsung terpusat ke Pustekom juga didampingi Pengawas UNBK dari sekolah lain secara silang.(Syahrul)

Baca juga