SMPN 4 Depok Gelar Pesantren Ramadhan 1443 H dan Santunan

by Redaksi
0 comment 252 Pembaca

Kepsek SMPN 4 Depok Hj Anis Budiyani

SWARA PENDIDIKAN (Sukmajaya, Depok) – Memasuki hari ke 12 Ramadhan 1443 H/2002 M, SMPN 4 Depok yang berlokasi di Jl. Merdeka Depok II Tengah menggelar acara Pesantren Ramadhan yang bertajuk “Membentuk Kepribadian yang Disiplin dan Berakhlakul Karimah” di halaman sekolah, Rabu (13/04/22).

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (11-13 April 2022) diikuti seluruh siswa-siswi SMPN 4. Kepala SMPN 4 Depok, Hj Anis Budiyani menyebutnya dengan istilah “PASMER” Pasukan Merdeka. Akronim dari Prestasi, Aktif, Santun, Menyenangkan, Empati dan Religius. sebagai semboyan penyemangat untuk semua warga sekolah.

“Alhamdulillah Pesantren Ramadhan tahun ini sangat istimewa, pasalnya ini pertama kali dilaksanakan dengan luring (tatap muka) dan semua peserta didik bisa mengikuti bersama-sama di lapangan terbuka sekolah,” ucap Kepala SMPN 4 Depok, Hj Anis Budiyani bersyukur.

Hj. Anis Budiyani mengatakan, selama 2,5 tahun pandemi ini, siswa didiknya tidak bisa melaksanakan upacara atau kegiatan berkelompok secara massal.

“Alhamdulillah Pesantren Ramadhan tahun ini sangat istimewa, pasalnya ini pertama kali dilaksanakan dengan luring (tatap muka) dan semua peserta didik bisa mengikuti bersama-sama di lapangan terbuka sekolah,” ucap Kepala SMPN 4 Depok, Hj Anis Budiyani bersyukur.

Hj. Anis menambahkan, kegiatan Pesantren Ramadhan (sanlat Ramadhan) ini dimulai dengan Sholat dhuha bersama, dilanjut dengan Mouidhotul Hasanah oleh Kepala Sekolah maupun oleh Ustadz Ustadzah dari intern Sekolah.

Sebelumnya pada pembukaan sanlat Ramadhan, Kepsek SMPN 4 Depok Hj Anis Budiyani dalam Mouidhatul Hasanah, dia berpesan bahwa Akhlakul Karimah adalah akhlak mulia.

“Sebagai muslim tentu akhlak mulia yang harus kita teladani adalah Akhlak Rosulullah Muhammad SAW. Seperti tertera dalam Al Quran Surah Al Ahzab ayat 21 ( QS 33 : 21 )  لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu,” terangnya.

Hj. Anis menyebutkan bahwa sifat Rasullulah, Sidiq, Amanah, Fathonah dan Tabliq. Sungguh sifat mulia yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, perilaku disiplin, menyayangi orang tua dan guru. Hal itu menumbuhkan perilaku lain yang tentu akan diridhoi oleh semua makhluk dibumi dan mendatangkan keridhoan Allah Swt. Urai Hj. Anis.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SMP, Joko sutrisno, S.Pd. M.Pd yang hadir pada acara penutupan sanlat Ramadhan di SMPN 4 Depok juga memberikan tausiah kepada peserta sanlat.

Kabid Pembinaan SMP, Joko sutrisno, S.Pd. M.Pd

Joko menyampaikan, pentingnya berakhlak mulia dalam kehidupan. Dalam sebuah hadits Shahih Al Tarmizi. Joko mengatakan, ketika Rosul naik mimbar tangga ke 1, 2, dan 3, beliau mengucapkan Aamiin, Aamiin, Aamiin. Lalu sahabat bertanya, dan Rasul SAW pun menjawab “Ketika aku naik tangga pertama Jibril datang kepadaku dan berkata, “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan namun dosanya tidak diampuni”.

Maka akupun menjawab Aamiin. Kemudian Jibril berkata, “Celakalah jika mendapati ke dua atau salah satu orang tuanya masih hidup, namun keberadaan orang tuanya tidak membuatnya masuk surga.

Di sela tausiahnya, Joko juga bertanya kepada peserta sanlat. “Adakah yang tadi membantu orang tua? Ada beberapa peserta sanlat yang dengan lantang menjawab. Ya.

“Coba tadi yang menjawab lantang maju ke depan,” ujar Kabid SMP.

“Membantu apa nak?” tanya Kabid Joko.

“Menyiapkan makan Sahur, pak,” jawabnya.

Kemudian Kabid Joko pun memberikan hadiah kepada peserta tersebut.

Sanlat Ramadhan di akhiri dengan pemberian santunan kepada 200 peserta didik dan tenaga kebersihan honorer.

Diakhir penutupan, Kepsek SMPN 4 Depok mengajak seluruh peserta sanlat untuk ikut mendoakan kelas 9 yang akan mengikuti ujian sekolah pada Senin 18 April besok.

“Semoga tahun ini seluruh siswa kelas 9 lulus dengan nilai terbaik dan bisa melanjutkan ke SMA Negeri. Aamiin,” ucapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Sekolah kepada Panitia dan Seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta orang tua yang telah menyisihkan rizkinya untuk sesama warga Pasmer.

“Semoga semua yang di usahakan mendapat ridho dan diluaskan rizkinya oleh Alloh SWT. Aamiin,” tutup Hj. Anis Budiyani. (harlis)

Tinggalkan Pesan

Baca juga