Swara Pendidikan (Bojongsari, Depok) – Sebanyak 157 siswa kelas 7 SMP Islamiyah Serua, mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang digelar di Kawasan Gunung Bundar, Kabupaten Bogor, pada Rabu hingga Kamis (30–31 Juli 2025).
Kegiatan LDKS tahun ajaran 2025/2026 ini mengusung tema: “Mewujudkan Pemimpin yang Santun, Mandiri, Kreatif, dan Berkarakter” LDKS bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan potensi kepemimpinan para siswa sejak dini melalui pelatihan intensif yang menyentuh aspek mental, emosional, dan karakter.
Kepala SMP Islamiyah Serua, Murtado, S.Pd., M.M., M.Pd, yang akrab disapa Dodo, menjelaskan bahwa kegiatan LDKS ini merupakan salah satu program tahunan sekolah yang difokuskan untuk mencetak calon pemimpin muda yang siap memimpin dan dipimpin.
“Tujuan LDKS adalah untuk mengembangkan potensi kepemimpinan dalam diri siswa, meningkatkan keterampilan manajemen, menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta membangun kedisiplinan dan karakter yang baik,” terang Murtado saat ditemui di sela kegiatan.
Dia berharap, siswa yang telah mengikuti LDKS dapat memiliki kemampuan dasar kepemimpinan, serta semangat kolaborasi dan tanggung jawab yang tinggi, baik dalam kegiatan di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.
Waka Bidang Kesiswaan, Tutti Tati Alawiyah, M.Pd, mengungkapkan LDKS tahun ini melibatkan narasumber dari TNI Bogor, Kepala Sekolah, serta para guru internal sebagai fasilitator kegiatan.
“Kami menghadirkan pemateri dari TNI agar siswa juga belajar tentang kedisiplinan dan kepemimpinan dari perspektif militer yang positif. Materi lainnya diberikan oleh guru-guru yang telah dibekali pelatihan khusus,” ungkapTutti.
Selain pelatihan dalam ruangan, siswa juga mengikuti kegiatan lapangan seperti simulasi kepemimpinan, permainan kelompok, diskusi, serta penanaman nilai-nilai integritas, kerjasama, dan empati.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh para guru dan staf sekolah yang mendampingi siswa selama kegiatan berlangsung. Kehadiran mereka tidak hanya sebagai pendamping, tetapi juga untuk memperkuat komunikasi dan membangun kedekatan dengan siswa dalam suasana belajar yang lebih menyenangkan dan mendidik. (Dib)