SMKN 1 Depok Bersama Kostrad Asah Jiwa Kepemimpin Siswa melalui LDK

by Redaksi
0 Komentar 125 Pembaca

Foto Bersama setelah acara pembukaan LDK, JUmat (21/6/24)

Swara Pendidikan (Tapos, Depok)-  SMK Negeri 1 Depok bersama personil Kostrad Cilodong menggojlok 140 Siswa kelas 10 dan kelas 11 selama 2 hari satu malam di area sekolah pada Jumat-Sabtu, 21-22 Juni 2024. Penggojlokan tersebut merupakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi para calon pengurus organisasi internal sekolah, yaitu Osis, MPK,  Satgas Displin,  serta Ketua Ekstrakurikuler.

Kepala SMKN 1 Depok, Lusi Triana, S.Pd,MM mengatakan LDK bukan hanya mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai yang akan berguna sepanjang hidup

“Kegiatan ini bersifat wajib bagi calon pengurus OSIS dan calon pengurus organisasi lainnya yang ada di sekolah,” kata Lusi.

Lebih lanjut dikatakan Lusi, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill, menguatkan mental siswa dalam memimpin.

Selain itu, tujuan latihan kepemimpinan siswa berguna untuk membangun karakter pribadi (personal) supaya semakin kuat.

“Hal yang lebih penting dengan diadakannya LDK, agar siswa dapat memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi di sekolah,” tandasnya.

Dari pantauan langsung awak swara Pendidikan di lokasi pada Jumat petang, acara dibuka pada jam 16.00 sampai jam 17.00 WIB, setelah itu para peserta memasuki aula  yang telah dipersiapkan untuk  penyampaian materi. Selanjutnya para peserta mempersiapkan diri untuk melaksanakan Sholat Maghrib berjama’ah dilapangan sekolah.

Sesuai agenda acara, selain ada beberapa penyampaian materi LDK, akan ada juga permainan atau Simulasi untuk melatih keberanian, kreatifitas, kecerdasan menyelesaikan masalah dan lainnya sampai acara penutupan di Sabtu siang.

“Materi LDK akan disampaikan oleh Sertu Sidik bersama tim dari Kostrad Cilodong dan juga dari beberapa Guru disini,” kata Lusi kepada Awak media dikantornya setelah sholat maghrib.

Menurutnya,  LDK memiliki peran penting dalam membentuk siswa menjadi pemimpin yang efektif, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan dalam berbagai aspek kehidupan  kedepannya.

“Saya berharap dengan LDK para siswa lebih terasah lagi jiwa kepemimpinannya, dan para pengurus organisasi yang ada di sekolah dalam mengelola organisasinya disesuaikan dengan Visi dan Misi SMKN 1 Depok,” pungkasnya. (Harlis/NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar