SMK Assalamah Depok Gelar LDK OSIS

by Redaksi
0 comment 491 Pembaca

Kepala SMK Assalamah, Ahmad Syafrudin, MPD, MM membuka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO) untuk pengurus OSIS periode 2021-2022

Swara Pendidikan.co.id (Cipayung, Depok) – Kepala SMK Assalamah, Ahmad Syafrudin, MPD, MM membuka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO) untuk pengurus OSIS periode 2021-2022, di aula sekolah. Sabtu (18/12/21).

Kegiatan yang bertajuk “Dengan LKDO Kita Cetak Generasi yang Berakhlak Mulia, Mandiri, Jujur, Disiplin, Berbudi luhur, dan Menguasai Iptek di Era Pandemi Covid-19” dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19 Desember 2021).

Kepala SMK Assalamah yang akrab di sapa ustad Cece mengatakan LDKO merupakan agenda tahunan program kesiswaan yang bertujuan melatih kepemimpinan dan jiwa organisasi.

”Kegiatan ini menjadi inspirasi positif untuk pelaksanaan kegiatan kesiswaan, meski saat ini masih pandemi Covid-19, kita bersyukur LDKO ini bisa kita laksanakan walaupun dengan sederhana, dan tentunya tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes),” ujar ustad Cece.

Ustad Cece menambahkan, LDKO ini penting bagi pengurus OSIS sebagai bekal mereka saat menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Ustad  cece menyebut, pengalaman berorganisasi OSIS akan menjadi pengalaman saat berorganisasi di bangku kuliah, saat berbaur dengan masyarakat, atau saat memimpin institusi pemerintah atau swasta.

Dia juga mengatakan bahwa sebagai pengurus OSIS SMK Assalamah, harus ikut menjaga nama baik sekolah, dan memajukan sekolah melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Juga harus bisa menjadi contoh bagi siswa-siswa lainnya.

“Kamunya baik, kamunya disiplin, kompak, maka teman-teman lain juga akan mengikuti kalian,” tandasnya.

Ustad Cece menambahkan, pengurus OSIS harus bisa menjadi pioneer dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan sekolah. Misalnya, Hari Besar Islam, Hari Besar Nasional, maupun yang lainnya.

Kepala SMK  Assalamah juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembina kesiswaan dan panitia serta kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya LDKO ini.

Sementara itu, Ketua Panitia LDK OSIS SMK Assalamah, Waristo, MM mengatakan kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI sebanyak 30 siswa yang tahun ini di dominasi siswi.

Ketua Panitia LDK OSIS SMK Assalamah, Waristo, MM

Dalam sambutannya, dia juga berpesan, sebagai pengurus OSIS periode 2021-2022, harus menjadi motor penggerak kedisiplinan yang ada di lingkungan SMK Assalamah. Dia juga berharap LKDO ini dapat membentuk kepribadian siswa sekaligus menambah modal dalam menyongsong masa depan yang cerah. Karena itu dia mengimbau kepada seluruh peserta agar bisa mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir.

Adapun untuk materi LDKO antara lain, Kedisiplinan, Konsep Dasar Kepemimpinan, Etika dan Sopan Santun, Problematika Siswa, Ahlakhul Karimah, Keorganisasian, Kejujuran Modal Dasar Kepemimpinan, LKBB, dan Latihan-latihan kepemimpinan.

Tempat yang sama, Ketua OSIS periode 2021-2022, Masdar Helmi, kelas X, Multi Media menilai kegiatan LDKO ini sangat bermanfaat bagi para pengurus OSIS.

Ketua OSIS periode 2021-2022, Masdar Helmi, kelas X, Multi Media

”Banyak ilmu baru yang kami dapat tentang kepemimpinan, juga membangun mental yang kuat. Selain juga menciptakan karakter siswa untuk menjadi lebih mandiri serta memiliki jiwa kepemimpinan,” ujar Masdar.

Masdar menambahkan, LDKO ini juga menumbuhkan jiwa yang kooperatif kepada siswa agar mampu bekerja sama dengan sesama pengurus OSIS nantinya dan seluruh anggota sekolah seperti guru dan seluruh siswa.

Juga melatih kemampuan komunikasi yang baik kepada para siswa calon pengurus OSIS. Memberikan dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan pada para siswa. Termasuk menumbuhkan jiwa kebersamaan atau korsa yang kuat di dalam diri para siswa di sekolah. Dan terakhir, ujarnya, membantu sekolah untuk menemukan inovasi terbaik bagi pengembangan pendidikan. (agus)

Pengurus OSIS periode 2021-2022 SMK Assalamah

Tinggalkan Pesan

Baca juga