SMK AN Nur Gelar Lomba Health Heroes

by Redaksi
0 Komentar 152 Pembaca

Swara Pendidikan (Sawangan, Depok) – Yayasan Pendidikan Islam Nurul Khoiri yang menaungi SMK AN-Nur Sawangan, Depok menggelar lomba HEALTH HEROES “SCAND BARCODE CHALLENGE”.

Pada lomba ini, pihak panitia menyiapkan bagi para pemenang uang pembinaan untuk juara 1 senilai Rp500.000 juara 2 senilai Rp400.000 juara 3 senilai Rp300.000, lalu untuk TOP TEN mendapatkan masing-masing Rp100.000.

Dalam pelaksanaannya, SMK AN-Nur menggandeng LP Ma’arif NU sebagai perwakilan dari PBNU untuk menggenalkan lembaga pendidikan NU agar sekolah-sekolah yang dinaungi oleh Nahdatul Ulama bisa lebih mengerti dan memahami tujuan lembaga pendidikan Nahdatul Ulama.

Selain menggandeng LP Ma’arif, SMK AN-Nur juga bekerjasama dengan Universitas Veteran Fakultas Kesehatan.

Lomba yang diikuti 303 peserta dihelat selama 3 hari (13-16 november 2023) di Aula sekolah dan di buka oleh Pembina OSIS SMK AN-Nur, Amsari.

Dalam sambutan pembukaan, Amsari menyampaikan bahwa sebagai wujud perhatian pada perkembangan dan kesehatan peserta didik, utamanya dalam memilih makanan dan minuman (jajanan) yang sehat dan bergizi, SMK AN-Nur bersama LP Maarif bekerjasama dengan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), memperkenalkan game edukasi makanan sehat bernama Health Heroes.

“Game ini merupakan bagian dari Program Food Investigator Game, yang dikembangkan oleh Agate International yang berbasis di Swiss dengan dukungan GAIN dan Fondation Botnar. Tujuan dikembangkannya aplikasi ‘Health Heroes’adalah agar pengguna mau membaca label makanan kemasan dalam mencari pilihan yang lebih bergizi, sekaligus memberi sinyal permintaan kepada para penjual makanan dengan harapan dapat memicu respon pasar menyediakan pilihan lebih bergizi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMK AN-Nur, Ahmad Latif berharap dari lomba ini siswa didik mengetahui jajanan yang sehat, karena kesehatan jasmani dan rohani sangat penting saat KBM.

“Harapan kami, karena kelurahan Pasir Putih ini masuk program sasaran pengentasan stunting, kedepannya setelah kegiatan ini siswa-siswi yang ada di kel.Pasir Putih semakin sehat, kreatif dan tentunya SMK AN-Nur yang menjadi pelopornya,” ujar Ahmad Latif.

Ahmad Latif juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada LP Ma’arif dan Fakultas Kesehatan Veteran Jakarta yang telah mensupport kegiatan ini.

“Semoga kita dapat bekerjasama kembali dalam kegiatan-kegiatan berikutnya,”ucap Kepala SMK AN-Nur. Dia juga memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba.

Kegiatan ini diahdiri Sinta fransiske S. S.GZ MKM perwakilan dari Universitas Veteran Jakarta, Bukhori Zen.S.Sos (perwakilan LP ma’arif NU PBNU), dan Drs.H.Ahmad sadeli M.Pd (Pengurus Cabang LP Ma’arif NU PBNU).

Pada lomba ini, keluar sebagai juara pertama, Ridwan Alwi kelas 12 dengan total point 1754. Juara 2, Zhakila Salsabila kelas 11, total point 1435. Dan Juara 3, Daman kelas 11 total point 1426. (ameer)

Baca juga

Tinggalkan Komentar