SMAN 1 Depok Peringati Hari Lahir Pancasila

by harlis
0 Komentar 258 Pembaca

Swara Pendidikan.co.id ( Depok) – SMA Negeri  1 Depok memperingati hari lahir Pancasila dengan menggelar upacara di lapangan SMA Negeri 1 Depok. Meski sedang melaksanakan ibadah puasa, siswa dan guru-guru di SMA Negeri 1 Depok penuh hikmat mengikuti rangkaian acara demi acara upacara peringatan tersebut yang dipimpin Guru PKN SMA Negeri 1 Depok Rosalinah.

“Peringatan hari lahir Pancasila merupakan untuk yang pertama kalinya di- SMA Negeri 1 Depok. Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” demikian sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Rasalinah sebagai Inspektur Upacara.

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah Keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, kepercayaan dan golongan bersatu-padu membentuk Indonesia, itulah ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita,”

“Namun kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Ke Bhineka an kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam ke-Bhineka-an dan ke-Ika-an kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan.

“Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut,”

“Kita bisa hidup rukun dan bergotong-royong untuk memajukan negeri, dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat Internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan.” demikian sambutan Presiden RI.

Acara Peringatan hari Pancasila dihadiri Kepala SMA Negeri 1 Depok, Nia Aniawaty Haesin, wakesek, guru dan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Depok. (Harlis)

Baca juga

Tinggalkan Komentar