Siswa SD dan SMP Kabupaten Bogor Dapat Bantuan Pendidikan Melalui Kartu Bogor Cerdas

by Redaksi
0 Komentar 211 Pembaca

Swara Pendidikan (Cibinong, Bogor) – Bogor Cerdas Karsa ini merupakan tekad untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah lokal, nasional, dan global, dimana pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat peluncuran Program Bogor Cerdas Periode Tahun 2023, Selasa (5/12/23). Bertempat di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

“Melalui program Pancakarsa Bogor Cerdas, diharapkan mampu menjawab tantangan pelayanan pendidikan yakni, peningkatan Rata-Rata Lama Sekolah (RRLS) tingkat daerah,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Bogor, dilansir dari bogorkab.go.id

Menurut Iwan, Saat ini Kabupaten Bogor perolehan RRLS berada di poin 8,3 atau setara dengan kelas dua SMP. Maka dari itu perlu peran semua pihak untuk meningkatkan serta fokus mengedepankan program pendidikan.

“Perlu peran semua pihak demi terciptanya layanan program wajib belajar sembilan tahun bagi warga daerah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah menjelaskan, untuk program Bogor Cerdas tahun 2023 ini mengarah kepada pemberian stimulant bantuan bagi peserta didik kurang mampu di jenjang SDN dan SMPN.

“Untuk jenjang sekolah dasar penerima sebanyak 19.184 murid dari 1.284 SDN, dan 8.876 siswa penerima di jenjang SMP,” jelasnya

Secara teknis, Juanda memaparkan, Bantuan akan langsung disalurkan melalui rekening perbankan BJB masing-masing penerima. Total besaran dana yang disalurkan sebanyak Rp. 7.449.800.000.

“Sebanyak Rp. 4.787.000.000 Untuk jenjang SD atau satu anak mendapatkan Rp. 250 ribu. Dan Rp. 2.662.800.000 untuk jenjang SMP atau satu anak Rp. 300 ribu,” rincinya.

Juanda berharap dengan adanya bantuan ini mampu meringankan dan dimanfaatkan oleh peserta didik untuk menunjang kegiatan bersekolah.

(NJ)

Baca juga

Tinggalkan Komentar