SI SeMAR: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah di SDN Cipayung 2

by Redaksi
2 Komentar 2226 Pembaca

SI SeMAR

(Sistem Informasi Sekolah Mitra Aktif Responsif)

Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Sekolah di SDN Cipayung 2

 

 

Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalan, melewati jalan tersebut, dan menunjukkan jalan itu untuk orang lain”.  (John C. Maxwell)

 

Pentingnya peranan kepala sekolah dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi di sekolah, hal ini tentu dimaksudkan sebagai salah satu upaya pencapaian visi sekolah.

 

Saya Titin Supriatin, berbagi praktik baik di sekolah melalui “SI SeMAR (Sistem Informasi Sekolah Mitra Aktif Responsif) sebagai Upaya Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Sekolah di SDN Cipayung 2.

 

Latar Belakang / Rancang Bangun

Merujuk pada Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) diperlukan sinergi dan kerjasama antara beberapa komponen (stakeholders) dalam upaya peningkatan kualitas sekolah. Kerjasama dan sinergi yang harmonis antara sekolah dengan berbagai komponen memiliki dampak yang besar bagi pengembangan sekolah secara berkesinambungan di masa mendatang. Didasari hal tersebut, maka jalinan komunikasi antara sekolah dengan seluruh warga sekolah harus terus berjalan baik. Sekolah harus memiliki informasi yang memadai sebagai sarana kemitraan dengan berbagai pihak.

Informasi mengenai pendidikan saat ini sudah menjadi kebutuhan umum bagi masyarakat. Sistem informasi di dalam pendidikan sangat penting bagi guru, siswa, orang tua dan seluruh warga sekolah. Sistem informasi pendidikan yang kemudian dikembangkan menjadi sisitem informasi sekolah menjadi sebuah kebutuhan dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Selain dapat mempermudah pekerjaan dalam pengelolaan pendidikan, sistem informasi sekolah juga dapat membantu dalam keamanan penyimpanan data dan dokumen, sehingga memudahkan dalam pengaksesan data dan penyampaian informasi yang tersedia.

Dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah diperlukan jalinan kemitraan dengan instansi lain di luar sekolah. Kemitraan adalah suatu kerja sama oleh kedua pihak baik individu, institusi, kelompok, ataupun negara, yang memiliki tujuan tertentu tanpa memandang status, peringkat ataupun jabatan. Tujuan dari kemitraan adalah kedua belah pihak saling membantu untuk ketercapaian misi, agar memperoleh kesejahteraan dan mewujudkan cita-cita. Kemitraan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas sekolah ini sangat penting. Sekolah harus mampu menjalin kemitraan yang baik dengan pihak orang tua siswa, dinas terkait serta masyarakat guna mewujudkan kualitas pendidikan yang dalam hal ini ada di SDN Cipayung 2 Kota Depok.

Berdasarkan latar belakang tersebut, SD Negeri Cipayung 2 membuat sistem informasi sekolah yang berfungsi sebagai media penyampaian informasi dalam jalinan kemitraan yang diberi nama SI SeMAR (Sistem Informasi Sekolah Mitra Aktif dan Responsif).

Aplikasi SI SeMAR dirancang sebagai bentuk peningkatan pelayanan pendidikan di SDN Cipayung 2 Kota Depok dalam hal layanan informasi dan jalinan kemitraan. Kemitraan sebagai upaya peningkatan kualitas sekolah, di mana usaha yang dilakukan sekolah adalah bekerjasama dengan instansi lain yang saling berkaitan dan saling mendukung dalam ketercapaian tujuan bersama.

Kerjasama dan sinergi yang harmonis antara sekolah dengan pihak mitra sekolah mempunyai dampak yang besar bagi pengembangan sekolah secara berkesinambungan di masa mendatang. Sejauh ini SDN Cipayung 2 menjalin kemitraan dengan orang tua siswa, perangkat daerah setempat dan instansi lain seperti perpustakaan daerah, puskesmas kecamatan Cipayung dan Polres Depok.

Tujuan dari layanan SI SeMAR adalah memberikan informasi secara cepat, tepat , aktif dan responsif. Menjalin hubungan kemitraan yang saling mendukung untuk kemajuan kualitas sekolah, sehingga tercipta sinergitas antar warga sekolah, perangkat daerah dan instansi lainnya. **


Penulis: Titin Supriatin, MPd

Baca juga

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

Anonymous 31/05/2024 - 11:12 pm

Apakah bentuk sinergitas dalam kemitraannya berkesinambungan, atau dengan kata lain apakah hanya bersifat sesaat?
Mohon pencerahannya Bu ?

Reply
Anonymous 09/06/2024 - 9:06 am

Berkelanjutan, karena ini memang kebutuhan

Reply